Senin, 30 Januari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kerja Sama Pemprov Gorontalo bersama Ehime Jepang disetujui DPRD

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 28 November 2022 | 20:05 Tag: , , , , , ,
  Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris RA. Jusuf menyerahkan surat persetujuan kerja sama antara Pemprov Gorontalo dengan Ehime Jepang kepada Penjagub Gorontalo, Hamka Hendra Noer, pada rapat paripurna, Senin (28/11/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyetujui kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dengan Pemerintah Prefecture Ehime Jepang. Kerja sama ini merupakan salah satu dari beberapa Program prioritas yang diusulkan pemprov Gorontalo.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, AW. Thalib, dalam penyampaiannya mengatakan, kerja sama tersebut merupakan inisiatif dari Pemerintah Prefecture Ehime Jepang yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri.

banner 728x485

Dirinya menjelaskan, Kerja sama ini, bersifat gratis atau tanpa risiko pembiayaan dari APBD Provinsi Gorontalo. Adapun rencana kerja sama meliputi bidang manajemen lingkungan, pembangunan ekonomi dan industri, pertanian dan kehutanan, pendidikan dan pelatihan.

“Atas pertimbangan tersebut, DPRD memberikan persetujuan atas rencana kerja sama antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan Ehime Jepang,” kata AW. Thalib setelah disetujuinya kerja sama tersebut pada rapat paripurna yang berlangsung di ruang sidang DPRD Provinsi Gorontalo, Senin (28/11/2022).

Di tempat yang sama, Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengatakan, pihaknya telah mengusulkan beberapa program prioritas, termasuk dalam ruang lingkup kerja sama. Dimana, kata dia, di bidang ekonomi pihaknya telah menawarkan untuk mengirimkan tenaga terampil dari daerah untuk bisa ke Jepang.

“Di bidang lingkungan hidup, Ehime Jepang akan fokus pada emisi karbon. Sedangkan untuk bidang pendidikan, kita minta ke Pemerintah Prefecture Ehime Jepang bisa memberikan beasiswa kepada pelajar Gorontalo untuk berkuliah di universitas-universitas terkemuka di Jepang,” kata Hamka Hendra Noer.

Persetujuan dari DPRD selanjutnya akan diajukan ke Kemenlu dan Kemendagri yang kemudian ditindaklanjuti dengan penyusunan letter of agreement atau perjanjian kerja sama yang akan ditandatangani oleh Pemprov Gorontalo dengan Pemerintah Prefecture Ehime Jepang.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

(Visited 26 times, 1 visits today)

Komentar