Sunday, 19 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kesehatan Hewan Kurban Perlu Diperhatikan

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Monday, 5 July 2021 | 16:05 PM Tags: , ,
  Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Arifin Kilo

Hargo.co.id, GORONTALO – Jelang pelaksanaan Idul Adha 1442 Hijriah atau hari raya korban, pemerintah Kabupaten Gorontalo diminta terus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban. Ini diungkapkan Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Arifin Kilo guna mencegah berbagai penyakit menular seperti penyakit antraks dan lainnya. 

“Pengawasan hewan ternak qurban harus lebih intens dilakukan, kita harus betul-betul memastikan seluruh hewan ternak sehat tanpa penyakit menular atau cacat,” kata Arifin, Senin (05/07/2021).  

Menurut Arifin, pencegahan sejak dini menjelang hari raya qurban menjadi sangat penting dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Selain bertujuan untuk menjaga kualitas kesehatan hewan, juga memastikan apa yang dikonsumsi masyarakat steril dan tidak membahayakan. 

“Kalau perlu hewan kurban di vaksinasi dulu, jangan sampai ada antraks atau penyakit lainnya yang akan berakibat fatal bagi masyarakat yang mengkonsumsinya,” jelas Arifin. 

Selain itu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan diminta secara intens melakukan pengecekan tempat pemotongan atau penyembelihan hewan qurban agar benar-benar menggunakan standar protokol kesehatan Covid-19. 

“Ini juga jangan sampai dilupakan, tempat yang menjadi lokasi pemotongan atau penyembelihan harus menggunakan standar protokol kesehatan. Pemerintah jangan sampai lengah akan itu, apalagi sekarang jumlah masyarakat terpapar virus corona terus bertambah,”ujarnya.

Politisi Golkar ini berharap, pelaksanaan hari raya qurban tahun ini dapat berjalan dengan baik, serta pemerintah dan masyarakat yang melakukan qurban dapat memperoleh berkah. 

“Insya Allah, lebaran qurban yang akan kita lalui ini bisa berjalan dengan baik dan semua yang melakukan kurban dapat memperoleh berkah dari Allah SWT,”tandas aleg dua periode ini.  (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo 

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar