Jumat, 14 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ketahui Ancaman Bahaya Konsumsi Makanan Kaleng

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Rabu, 10 Agustus 2016 | 16:21 WITA Tag: , , ,
  


Hargo.co.id-Anda suka mengkonsumsi makanan kaleng untuk memenuhi kebutuhan akan makananan anda sehari-harinya, seperti ikan kaleng, buah-buahan kaleng, daging olahan kaleng dan berbagai macam jenis makanan lain yang menggunakan kaleng sebagai kemasannya? Namun tahukahah anda bahwa kaleng-kaleng tersebut mengandung Bisphenol-A (BPA), cairan kimia yang biasa digunakan dalam makanan kemasan, termasuk kaleng.

Beberapa studi menunjukan bahwa BPA dalam kemasan makanan kaleng dapat berpindah dari kaleng kedalam makanan itu sendiri. Dalam sebuah studi, yang melakukan pemeriksaan terhadap 78 jenis kaleng dari berbagai macam jenis makanan kaleng dipasaran menemukan setidaknya 90 persen kandung BPA dalam masing-masing kaleng yang ada.

BACA  Jaga Imunitas, Ini 4 Asupan Penting untuk Tubuh Tetap Kuat

Dalam studi lainnya, partisipan yang mengkonsumsi satu pori makan kaleng berisikan sup dalam kurun 5 hari, ditemukan peningkatan BPA sebesar 1000 persen pada urine mereka. Sementara, beberapa studi lainnya menemukan kaitan antara BPA dengan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan masalah disfungsi ereksi.

BACA  Jaga Imunitas, Ini 4 Asupan Penting untuk Tubuh Tetap Kuat

Dalam kasus langka, makanan kaleng yang tidak diolah secara baik bisa jadi memiliki bakteri berbahaya di dalamnya yang dikenal dengan nama Clostridium botulinum. Jika dikonsumsi dalam menyebabkan penyakit yang serius yang dapat berujung pada kelumpuhan hingga kematian apabila tidak dilakukan upaya medis.

Karena itu penting untuk tidak mengkonsumsi makanan kaleng disaat kemasannya tidak lagi terlihat prima, seperti terdapat penyok-penyok, ada kebocoran atau keretakan atau bahkan terlihat begah. (fajar/hargo)


Komentar