ILUSTRASI. Pencegahan kanker hati (shutterstock)

Ketahui Stadium dan Cara Mencegah Kanker Hati

LifeStyle Selebriti

Hargo.co.id, JAKARTA – Aktor Gary Iskak saat ini diketahui sedang mengidap penyakit kanker hati. Diluar kasus Gary Iskak, salah satu penyebab kanker hati bisa disebabkan karena minum alkohol berlebih. Maka dari itu mulailah hidup sehat untuk menjaga hati tetap sehat.

“Penyebab tersering adalah infeksi kronis seperti hepatitis virus B dan C. Kebiasaan minum alkohol berlebih, merokok, dan beberapa bahan kimia toksik dapat juga menyebabkan kanker hati,” kata Konsultan Hematologi & Onkologi Medik dr. Ronald Alexander Hukom, Sp.PD-KHOM, kepada JawaPos.com, Minggu (20/6).

banner 728x485

Bicara soal pengobatan dan penyembuhan, menurut dr Ronald, tahapan stadium sesuai AJCC (American Joint Committee on Cancer) tahun 2018 memakai istilah TNM (tumor, nodes, metastasis), stadium IA adalah kondisi kanker yang masih dini. Dan stadium IVB yang sudah menyebar jauh misalnya ke tulang dan paru.

“Kemungkinan sembuh lebih besar bila ditemukan pada stadium dini, tetapi hal ini sangat jarang terjadi,” katanya.

Kemudian tata laksana atau pengobatan dilakukan dengan terapi secara umum. Yaitu bisa dengan operasi, radioterapi, radiofrequency ablation (RFA), kemoemblisasi, terapi target, imunoterapi.

Kondisi terakhir aktor Gary Iskak saat ini dipasangi selang NGT. Lalu apa fungsinya selang tersebut untuk pasien kanker?

“Selang untuk membantu memasukkan makanan (cair), karena sudah sulit untuk makan dengan cara biasa,” katanya.

Cegah Kanker Hati

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Menurut dr. Ronald, pencegahan bisa dilakukan dengan menghindari infeksi dan mengobati hepatitis B dan C, batasi penggunaan alkohol dan rokok. Kemudian jaga berat badan yang ideal, batasi kontak dengan berbagai bahan kimia toksik penyebab kanker.

Belum ada studi yang valid yang menunjukkan hubungan pemakaian antibiotik dengan terjadinya kanker hati. Minum kopi tidak meningkatkan risiko terkena kanker hati, bahkan ada studi yang menyatakan lebih banyak minum kopi bisa menurunkan risiko kanker hati.(nas/mhv/jawapos/hargo)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Kanker Hati Bisa Dipicu Alkohol, Ketahui Stadium dan Cara Mencegahnya“. Pada edisi Ahad, 20 Juni 2021.