Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ketersediaan Air Bersih di Kabupaten Gorontalo Capai 88,4 Persen

Oleh Deice Pomalingo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Jumat, 19 Februari 2021 | 18:05 WITA Tag:
  Plh. Bupati Gorontalo, Hadijah U. Tayeb saat meresmikan Pamsimas tahun 2020 di Desa Biluhu Tengah, Kecamatan Biluhu, Jumat (19/02/2020). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo mengklaim bahwa ketersediaan air bersih di daerah itu telah mencapai 88,4 persen. Angka tersebut berdasarkan jumlah fasilitas Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Gorontalo, Hadijah U. Tayeb mengatakan, Presentase tersebut meningkat drastis seiring dengan dibangunnya fasilitas Pamsimas di 28 Desa yang ada di daerah itu, sehingga jumlah total Pamsimas di Kabupaten Gorontalo adalah 141 unit.

BACA  Kemenpar RI Ikut Bersih-Bersih Pantai di Desa Bongo, Gorontalo

Fasilitas tersebut, kata Hadijah U. Tayeb, dibangun hanya dalam kurun waktu dua tahun, yaitu dari tahun 2018 hingga tahun 2020.

“Itu berarti sudah maksimal dan sudah melampaui target. sudah lebih daripada capaian kita pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021,” ungkap Hadijah U. Tayeb saat meresmikan dan menyerahkan Pamsimas Reguler dan Hibah Insentif Desa (HID) tahun 2020 di Desa Biluhu Tengah, Kecamatan Biluhu, Jumat (19/02/2020).

BACA  Gorontalo Ketambahan Investor Baru, Industri Jagung Segera Dibangun

Di awal RPJMD tahun 2016, lanjut Hadijah U. Tayeb, Cakupan air di Kabupaten Gorontalo baru 40 persen. Namun, dengan bantuan Perusahaan Daerah Air Minum PDAM dan Pamsimas target tersebut bisa di capai, bahkan terlampaui.

BACA  Warga Gorontalo Diminta Waspada Datangnya Badai Siklon

Hadijah U. Tayeb juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) karena telah mengalokasikan program Pamsimas tersebut.

“Air adalah kebutuhan pokok masyarakat, sehingganya kami berharap agar seluruh penerima dapat memanfaatkan, merawat dan menjaga dengan baik fasilitas Pamsimas yang diberikan ini,” pungkas Hadijah U. Tayeb.(hiu/adv/hargo)


Komentar