Kamis, 18 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ketua KPU RI: Undang-undang Pilkada Tak Berubah

Oleh Admin Hargo , dalam Headline KPU , pada Sabtu, 16 Juli 2022 | 02:05 Tag: , , ,
  Ketua KPU RI, Hasyim Asyari saat diwawancarai Wartawan di Gorontalo, Jumat (15/07/2022). (Foto: Zulkifli Polimengo/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asyari mengatakan kunjungannya di Provinsi Gorontalo untuk bertemu dengan Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah  (Forkopimda) dan pihak KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota. 

Tujuannya untuk melakukan konsolidasi nasional atau membangun konsolidasi dengan pihak pemerintah dan instansi terkait serta KPU di daerah. Ia menyadari tidak bisa bekerja sendiri untuk menyelenggarakan Pemilu maupun Pilkada 2024 mendatang. 

Hal itu diungkapkan Hasyim Asyari saat diwawancarai Wartawan sebelum mengikuti kegiatan pengarahan dan konsolidasi KPU dalam rangka menghadapi pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024, yang berlangsung di ballroom hotel Aston Kota Gorontalo, Jumat (15/07/2022). 

“Penjabat Gubernur menyampaikan, untuk anggaran Pilkada 2024, Pilgub 6 Kabupaten/Kota di Gorontalo, sudah dianggarkan, dan rencananya 200 milyar rupiah,” ungkap Hasyim Asyari. 

Selain itu ia juga menyebut bahwa hal tersebut sebagai bukti dukungan konkrit dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Gubernur dan pihak DPRD Provinsi Gorontalo. 

Sementara itu untuk pertemuan dengan Pihak TNI/Polri di Gorontalo, tujuannya memohon bantuan pengamanan, baik itu pengamanan personel, pengamanan proses pemilu, Pilkada maupun pengamanan logistik pemilu, terutama surat suara dan formulir termasuk dukungan distribusi logistik. 

Diakhir kesempatannya, saat ditanyai soal regulasi pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu di tahun 2024 mendatang, ia menegaskan bahwa Undang – Undang Pilkada tidak berubah. 

“Syarat – syarat, Undang – Undang, mekanisme pencalonan untuk Pilkada 2024, baik itu untuk Pilgub maupun untuk Pilkada saya kira tetap sama. Regulasi masih itu,” tutup Hasyim Asyari. (***) 

 

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 30 times, 1 visits today)

Komentar