Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kirab Nusantara, Pelepasan Seribu Lentera di Pantai Kurenai

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Sabtu, 29 April 2017 | 10:59 WITA Tag: , , , ,
  


GORONTALO Hargo.co.id – Kirab nusantara yang awalnya hanya digelar oleh warga keturunan Tionghoa di Gorontalo dalam rangka memperingati HUT Dewi Samudra, dikemas lebih besar dan menarik oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Bahkan agenda tahunan ini telah masuk dalam kalender event pariwisata Gorontalo. Ada beragam kegiatan yang nantinya digelar pada Kirab Nusantara yang mulai berlangsung pada 7 Mei 2017 mendatang. Seperti funbike yang akan berlangsung pada 7 Mei dengan start di halaman Rudis Gubernur dan finish di Pantia Kurenai Gorontalo.

BACA  Ingin Tahu Jumlah Saham Pemprov Gorontalo di BSG? Baca di Sini

Pada 8 Mei nanti kegiatan akan berlanjut mulai pukul 08.00-23.00 Wita, meliputi mini expo, pertunjukan musik, tarian Gorontalo, penampilan musik polopalo, barongsai, dan dancer. Yang lebih menarik lagi akan ada pelepasan seribu lentera ke udara dan kirap perahu nelayan (perahu katintin dihiasi lampu listrik). Kurang lebih ada 50 perahu yang akan berjejer di pantai tersebut.

Selain itu, di lokasi acara yang didukung Gorontalo Post ini, pemerintah juga menyediakan sejumlah fasilitas, mulai dari toilet umum, panggung utama berukuran 8×12 meter, tempat parkir luas dan tempat jualan untuk masyarakat. Untuk keamanan, Pemprov telah bekerjasama dengan kepolisian dan TNI AL.

BACA  Menkes RI Minta Lansia Dan Guru Jadi Sasaran Prioritas Vaksinasi

Plh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Resma Kabakoran mengatakan, kirab nusantara adalah salah satu event event yang masuk dalam kalender pariwisata 2017. “Kegiatan ini sebelumnya sudah pernah dilaksanakan, kurang lebih 4 kali. Tetapi waktu itu, ini dilaksanakan oleh para etnis China di Gorontalo,” kata Resma.

Ia menuturkan, kirab nusantara sebelumnya dilaksanakan oleh etnis China untuk memperingati HUt Dewi Samudra. “Tapi kami menggelarnya tahun ini bukan untuk itu, tetapi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Gorontalo,” tuturnya.

BACA  Pupuk Semi Organik Mampu Tingkatkan Produksi Jagung di Gorontalo

Ia menjelasakan, secara nasional, Kementerian Pariwisata memiliki target hingga 2019 nanti, kunjungan wisatawan manca negara sudah 20 juta wisatawan dan pergerakan wisawatan nusantara sudah 257 juta.

Untuk Gorontalo sendiri, target tahun ini sebanyak 120 ribu wisatawan lokal dan asing. “Kemudian dari target itu, Kemenpar menambah target kunjungan wisatawan 30 ribu kunjungan wisatawan. Semua daerah ada ketambahan,” ungkapnya.

Laman: 1 2


Komentar