Sabtu, 11 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kisah Cinta Kakek 68 Tahun Masih Berlanjut. Usai Akad, Lanjut Ngunduh Mantu

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam News Ragam , pada Selasa, 30 Juni 2020 | 00:20 WITA Tag: , , ,
  Nasrun Ano dan Mita Datau pada prosesi acara ngunduh mantu, Senin (29/6/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah melaksanakan akad pada Sabtu (27/06/2020), kisah Nasrun Ano yang mempersunting Mita Datau masih berlanjut. Yakni, Senin 29/06/2020) pria berusia 68 tahun yang mempersunting wanita berusia 26 tahun ini, menggelar acara ngunduh mantu.

Perlu dijelaskan bahwa Ngunduh Mantu adalah istilah yang berasal dari Bahasa Jawa. ngunduh artinya panen atau memanen. Sedangkan mantu artinya adalah menantu. Singkat cerita, acara ngunduh mantu dilakukan ketika orang tua atau keluarga mempelai pria. Kemudian si istri dibawa untuk tinggal bersama suami dan kedua orangtua serta keluarganya. Maka secara tidak langsung keluarga tersebut akan mendapatkan personel tambahan.

BACA  Bareng Onami Max, PDAM Bone Bolango Bantu Korban Banjir
Nasrun Ano dan Mita Datau pada prosesi acara ngunduh mantu, Senin (29/6/2020). (Foto : Istimewa)
Nasrun Ano dan Mita Datau pada prosesi acara ngunduh mantu, Senin (29/6/2020). (Foto : Istimewa)

Kembali ke kisah Nasrun Ano. Informasi yang berhasil dihimpun, prosesi ngunduh mantu itu digelar di kediaman keluarga mempelai pria di Kelurahan Donggala, Kecamatan Hulonthalangi, Kota Gorontalo. Acara yang dihadiri dari dua belah pihak keluarga itu, berlangsung cukup meriah dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

BACA  Personel TNI-AD Dikerahkan Bantu Warga Bersihkan Sisa Material Banjir

Bhabinkamtibmas Kelurahan Donggala, Brigadir Indra Akuba, juga telah membenarkan adanya prosesi adat ngunduh mantu itu.

“Iya benar. Acaranya dilaksanakan di depan rumah mempelai pria. Rumah itu milik dari keluarga sang pria. Saya sempat hadir di acara tersebut guna memberi arahan agar para tamu undangan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” Brigadir Indra Akuba.

Sebelumnya, pada Sabtu (27/6/2020) Nasrun Ano dan Mita Datau resmi menjadi pasangan suami istri setelah melakukan ijab kabul di KUA Kecamatan Kota Timur. Di mana pempelai wanita berdomisili.

BACA  Berkenalan via Facebook, Pacaran, Lalu Nikahi Wanita 26 Tahun

Pengakuan Nasrun Ano kepada awak media ini, tujuan dirinya menikahi sang istri bukan karena nafsu. Melainkan dirinya merasa prihatin dengan kehidupan Mita Datau yang harus sendirian menghidupi dua anaknya yang masih kecil.

“Saya prihatin, pak. Anaknya ada dua orang, terus sudah ditinggal suaminya lagi,” ungkap Nasrun Ano yang juga sebagai salah seorang pegawai Syara di lingkungan tempat tinggalnya. (rwf/hg)


Komentar