Rabu, 2 Desember 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kisah Siswa SMA Pinogu: Tak Ada Guru, Matematika Jadi Momok

Oleh Berita Hargo , dalam Features Gorontalo Headline , pada Rabu, 12 April 2017 | 11:33 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO,hargo.co.id – Lengkap sudah ujian para siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) asal Pinogu.

Selain harus menempuh jalur Pinogu-Suwawa sejauh 47 KM dengan jalan kaki, harus belajar kilat menggunakan komputer karena ujian yang diikuti berbasis komputer. Para siswa ini dihadapkan dengan mata pelajaran yang menjadi momok besar bagi mereka, yakni matematika.

Bukan tidak bisa menaklukan matematika, namun bagi siswa peserta Unas asal Pinogu, matapelajaran berhitung ini merupakan matapelajaran ‘baru’. Selama ini, para siswa tak pernah mendapatkan pengajaran matematika langsung dari guru matematika. Di SMA Pinogu tak ada guru matematika.

BACA  10 Ribu TNI Segera Mendapat Vaksin Covid-19

Sehingga wajar, mata ujian wajib dalam Unas ini menjadi momok bagi mereka. Hal ini pula yang diakui Sintia, ia dan rekan-rekannya bakal kesulitan dalam menjawab soal-soal Unas matapelajaran matematika.

[Baca: Kisah 17 Siswa SMA Pinogu Peserta UNBK, Jalan Kaki 47 Kilometer, Pertama Kalinya Gunakan Komputer]

“Disana (SMA Pinogu) tidak ada guru matematika,”katanya. Momok yang dihadapi para siswa Pinogu ini juga dikhawatirkan guru-guru mereka. Yuliantris Alim, salah seorang guru di SMA Pinogu, mengungkapkan, selain karena mata pelajaran yang terbilang sulit, tidak ada guru di SMA Pinogu yang memang punya kelebihan khusus di bidang Matematika yang bisa dijadikan guru pelajaran Matematika.

BACA  Sesalkan Kerumunan Massa, MUI: Kerja Keras 10 Bulan Hancur

“Yang ada di SMA Pinogu itu hanya guru Geografi, Ekonomi, Bahasa Inggris, Guru Agama dan guru PKN,” terangnya. Olehnya yang ia dan guru lain khawatirkan dari UNBK adalah mata pelajaran matematika.

BACA  HIMAKOM UNG Beri Edukasi Tentang Covid-19

“Tapi kami tetap optimis dan selalu berdoa semoga seluruh siswa SMA Pinogu bisa lulus,” terangnya. Lebih lanjut Yuliantris mengatakan, saat ini iapun tinggal bersama seluruh siswa Pinogu yang tengah mempersiapkan diri untuk UNBK.

Laman: 1 2


Komentar