Jumat, 16 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



KKK Gorontalo Kecam Aksi Perusakan Mushola di Sulut

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 31 Januari 2020 | 01:05 WITA Tag: , ,
  Ketua Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) DPD Provinsi Gorontalo, Berty Henry Runtukahu.


Hargo.co.id, GORONTALO – Peristiwa perusakan tempat  Mushola Al-Hidayah di Perumahan Agape, Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut), pada Rabu (29/01/2020) terus mendapat kecaman dari berbagai pihak.

Setelah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kota Gorontalo menyampaikan pernyataan sikap, kali ini kecaman datang dari Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) DPD Provinsi Gorontalo. Mereka menilai aksi itu perbuatan melawan hukum dan tidak boleh ditolerir.

BACA  ‘Wisata Jalan Pelangi’, Destinasi di Sekitar Makam Pahlawan Nani Wartabone  

Ketua KKK DPD Provinsi Gorontalo, Berty Henry Runtukahu, menegaskan bahwa pelaku adalah kelompok yang tidak bertanggung jawab. Dirinya menilai jika aksi itu dapat merusak hubungan toleransi atau kerukunan umat beragama di Indonesia, khususnya di Sulawesi Utara (Sulut) yang sudah terbangun sejak dulu.

“Jika ada hal atau sesuatu yang dianggap tidak sesuai dengan ketentuan atau aturan hukum yang berlaku, seharusnya diselesaikan dengan baik dan bukan mengambil langkah yang melanggar hukum,” tegas Berty Henry Runtukahu.

BACA  Pertahankan Batas Wilayah, DPRD Temui Lembaga Tinggi Negara

KKK Gorontalo mendesak pihak pengambil kebijakan dan penegak hukum untuk mengusut tuntas persoalan ini. Sekaligus memberikan efek jera terhadap pelaku perusakan mushola sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Kiranya seluruh pihak harus bisa memberikan rasa aman bagi siapapun, terutama dalam menjalankan hak dan keyakinan dalam beragama, jangan dibatasi,” tegas perwira menengah dari di Kepolisian ini, seraya meminta kepada seluruh warga Kawanua di Provinsi Gorontalo untuk tetap tenang dan sabar.

BACA  Kehadiran DPW APVOKASI Provinsi Gorontalo Dapat Apresiasi Dari Wagub

“Mari kita sama-sama menggumuli lewat doa dan menyerukan kepada semua keluarga kita, untuk tetap tenang dan sabar. Terus menebar kebaikan di manapun berada, sehingga terjalin hubungan harmonis antar umat beragama,” kunci Berty Henry  Runtukahu.(zul/hg)


Komentar