Kamis, 30 Juni 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Koalisi Parpol PAHAM Bubar

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 31 Januari 2017 | 13:24 Tag: , , ,
  

TILAMUTA Hargo.co.id – Konstelasi politik Pilkada Boalemo berubah pasca pencoretan pasangan calon (paslon) petahana Rum Pagau-Lahmudin Hambali (PAHAM) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPu). Koalisi parpol pengusung PAHAM bubar. Beberapa partai telah mengalihkan dukungan untuk paslon lain.

Hasil putusan rapat pleno DPC Hanura Boalemo yang dilaksanakan di Kantor DPC, kemarin (30/1), memutuskan memberikan dukungan secara resmi untuk paslon Uwes Abubakar-Buyung Puluhulawa (UNGGUL) yang mencalonkan diri dari jalur perseorangan atau calon independen. Partai Demokrat rencananya akan mengambil keputusan yang sama melalui pleno DPD Provinsi pada Selasa (31/1) hari ini. Sementara Golkar sebagai motor pengusung PAHAM akan segera menentukan sikap melalui keputusan rapat pleno DPD II yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Putusan rapat pleno DPC Hanura Boalemo mendukung paslon UNGGUL kemarin, dihadiri ole pengurus DPC, PAC, dan ranting partai serta pasangan paslon UNGGUL. Pada kesempatan itu juga diumumkan bahwa Calon Bupati Uwes Abubakar resmi bergabung dengan partai Hanura dengan menempati posisi Ketua Dewan Pembina Hanura Boalemo.

Usai rapat pleno, Bendahara DPC Hanura Boalemo, Mahmud Nurdin Daud mengatakan, keputusan pleno diambil atas aspirasi dari pengurus partai dari semua jenjang. “Kami tidak serta merta memberikan dukungan begitu saja. Tetapi sudah melalui tahapan rapat internal,” jelasnya.Mahmud menegaskan, hasil pleno wajid dilaksanakan oleh seluruh kader partai.

Menanggapi dukungan ini, Calon Bupati Uwes Abubakar mengucapkan terima kasih kepada Partai Hanura yang sudah bergabung dengan pasangan UNGGUL. Dukungan ini menjadi tambahan amunisi bagi tim UNGGUL untuk memenangkan Pilkada Boalemo. “Di Pilkada Boalemo kami targetkan 70 persen berdasarkan situasi dukungan dari empat Kecamatan di Boalemo yang sudah memiliki basis massa yang ril,” jelasnya.

Uwes Abubakar mengakui setelah Hanura, Partai Demokrat juga akan mendukung UNGGUL. Karena komunikasi dua arah sudah terbangun.”Jika tak ada aral melintang besok (Hari ini,red) saya akan mengahadiri pleno DPD Partai Demokrat terhadap dukungan ke UNGGUL,” jelasnya.

Terkait klaim ini, Ketua DPC Partai Demokrat Boalemo Hardi Mopangga belum mau berspekulasi mengenai arah dukungan Demokrat di Pilkada Boalemo. Sepanjang belum ada intruksi dari DPP.”Paling tidak DPC Demokrat Boalemo telah memberikan semacam informasi kepada DPD Demokrat Provinsi Gorontalo terkait kondisi yang ada. Kalau DPD Demokrat Gorontalo akan melakukan pleno untuk mendukung UNGGUL, maka kami di DPC Demokrat Boalemo tidak akan bertanggung jawab terhadap keputusan itu,” ujarnya.

Sebab menurut Hardi, pihaknya masih akan melakukan rapat Pinhar hingga ke tingkatan PAC. “Kami masih mengacu pada keputusan awal. Kami masih konsisten selama belum ada perintah partai,” pungkasnya.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar