ramadan2024

ramadan2024

Kolase Kemerdekaan HUT Republik Indonesia

×

Kolase Kemerdekaan HUT Republik Indonesia

Sebarkan artikel ini
Petani di Desa Klinterejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto menggelar upacara 17 Agustus tahun lalu. (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

Hargo.co.id MOJOKERTO – HUT Kemerdekaan RI merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Gegap gempita perayaan kemerdekaan ini selalu terlihat di berbagai sudut Tanah Air setiap tahunnya. Tak terkecuali di Mojokerto.

hari kesaktian pancasila

Foto ini menampilkan koleksi  perayaan kemerdekaan di bulan Agustus, dari tahun ke tahun di Mojokerto. Di wilayah Kecamatan Sooko, petani melakukan upacara kemerdekaan dengan mengelar upacara Agustusan di areal persawahan. Selain itu, ada di Kelurahan Balongsari, Kota Mojokerto.

Upacara yang rutin digelar tepat tanggal 17 Agustus ini, juga digelar beragam lomba membakar semangat dan mengenang perjuangan para pahlawan. Di antaranya, panjat pinang dan resepsi kemerdekaan oleh para veteran.

Example 300250

Mojokerto menjadi salah satu wilayah penting di era perjuangan. Secara historis pada masa Kerajaan Majapahit menjadi cikal-bakal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dan pernah dideklarasikan Maha Patih Gajah Mada, dengan menyatukan Nusantara di Bumi Majapahit.  Saat ini, Indonesia telah memasuki usia ke-72 lepas dari penjajahan imperial.

(mj/fan/ris/JPR/hg)



hari kesaktian pancasila