Rabu, 16 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kominfo dan Statistik Siap Sebar Informasi Mitigasi Bencana

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 3 Juni 2021 | 21:05 WITA Tag: ,
  epala Basarnas Gorontalo, I Made Junetra saat menemui Kepala Dinas Kominfo dan Statistik, Gorontalo, Masran Rauf, Rabu (02/06/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Gorontalo, I Made Junetra melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo Masran Rauf, di Kantor Kominfo, Rabu (02/06/2021).

Pertemuan tersebut dilakukan oleh Basarnas Gorontalo guna meminta Diskominfotik Provinsi Gorontalo sebagai pusat layanan informasi, untuk menjembatani kinerja basarnas dalam hal terus menyebarkan informasi tentang mitigasi bencana di Gorontalo. 

“Kami lihat informasi dalam hal berita yang dikelolah oleh PPID di Kominfo sangat besar cangkupannya di masyarakat. Kami kan instansi vertikal, hari ini kami datang berkoordinasi dengan pak kadis, mereka siap untuk membantu mempublikasikan tentang mitigasi bencana atau bagaimana masyarakat Gorontalo sedini mungkin bisa meningkatkan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana. Dan alhamdulillah pak kadis mendukung penuh bahkan akan menjembatani kami,” ungkap Junetra.

Hal senada disampaikan oleh Masran Rauf. Ia menyebutkan sudah sepatutnya Diskominfo Gorontalo membantu menyebarluaskan informasi yang bersifat penting untuk diketahui masyarakat luas. Untuk itu segala bentuk koordinasi yang disampaikan oleh Basarnas sebisa mungkin akan ditindaklanjuti.

“Menurut mereka geliat PPID kita sangat maksimal, informasi yang kita sebarkan mencakup masyarakat luas. Besar harapan mereka untuk Kominfo bisa membantu dalam hal-hal menyampaikan apa yang akan dilakukan seperti bagaimana jika terjadi bencana, masyarakat harus berbuat apa. Saya sampaikan kami ada videotron yang bisa dimanfaatkan, ada Radio SRH juga. Paling tidak penguatan PPID mereka bisa kita bantu,” kata Masran.

Masran menilai lebih dari itu, inti dari koordinasi ini adalah agar masyarakat juga harus tau bahwa bahwa Basarnas, Tim Satgas, BPBD selalu hadir untuk masyarakat. Pekerjaan mereka termasuk pekerjaan berat dan sangat mulia.

“Lebih dari itu sosialisasi dan edukasi menjadi sangat penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana,” tutupnya.(zul/adv/hargo)

BACA  Mahasiswa UNG Terbitkan Buku Tentang Karawo

Komentar