Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Komisi I DPRD Gandeng Diskominfotik Dukung Pilot Project Desa Digital

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Kamis, 29 Juli 2021 | 04:05 Tag: , ,
  Suasana pertemuan Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo didampingi tim dari Diskominfotik Provinsi Gorontalo dengan Kepala desa dan perangkat desa Toto Utara, Kabupaten Bone Bolango, Rabu (28/07/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo bersama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo berkomitmen mendukung pilot project desa digital, yang rencananya akan diimplementasikan oleh beberapa desa yang ada di Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara.

Hal ini terungkap dalam kunjungan kerja Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo yang diketuai Aw Thalib dan didampingi tim dari Diskominfotik, yang berlangsung di Desa Toto Utara Kabupaten Bone Bolango, (28/07/2021).

“Desa Toto Utara ini menjadi salah satu desa untuk pilot project desa digital, setelah desa digital Lamahu. Kita berharap bahwa dengan adanya desa digital di Toto Utara ini, masyarakatnya akan lebih terbantu dari sisi pemerintahan. Kemudian juga bisa mengembangkan segala macam kegiatan untuk usaha yang dilakoni selama ini, dan bisa lebih memperkenalkan desa ini ke dunia luar,” ungkap AW Thalib

Ketua Komisi I DPRD ini menambahkan, langkah ini menjadi langkah strategis untuk mewujudkan kemudahan terhadap pelayanan masyarakat. Selain itu pula agar masyarakat bisa memiliki akses pada pemerintahan dan bahkan kedepannya tentunya ini bisa dimanfaatkan juga untuk banyak hal. Ia bahkan berharap seluruh desa di Provinsi Gorontalo bisa terbentuk jadi desa digital.

“Untuk itu kita harus sering melakukan pemantauan, untuk bisa memfasilitasi hal-hal yang sudah tidak lagi dalam kemampuan desa itu. Misalnya berurusan dengan PLN, dengan pemerintah daerah, dan sudah harus ada intervensi yang dilakukan termasuk dari Diskominfo provinsi terkait dengan misalnya, pendampingan teknis, pengembangan daripada kegiatan-kegiatan yang ada, termasuk perizinan dan lain sebagainya,” tambahnya

Sementara itu Kepala Desa Toto Utara Ramla Djafar menyebutkan di Bone Bolango sendiri ada dua desa lagi yang rencananya akan menjadi desa digital, menyusul desa Lamahu yang memang sudah lama diresmikan. Untuk desa Toto Utara sendiri, anggarannya sudah disediakan tetapi sebagian direcofusing akibat pandemi Covid-19.

“Kita sekarang masih mengadakan pelatihan-pelatihan untuk SDM, supaya ke depan bisa optimal. Untuk anggarannya sudah ada, akan tetapi karena adanya recofusing baru sebagian digunakan. Segala persiapan kita usahakan rampung tahun ini, jadi 2022 sudah bisa terwujud,” paparnya.

Selain desa Toto Utara di Bone Bolango, dijadwalkan Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo juga akan mengunjungi desa Pontolo yang ada di Gorontalo Utara (besok hari). Tim dari Diskominfotik juga akan turut menemani.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo
(Visited 16 times, 1 visits today)

Komentar