Friday, 23 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Komisi I Segera Monitoring Pemanfaatan Dana Desa

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Legislatif , pada Wednesday, 14 July 2021 | 14:05 PM Tags: , , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna mengetahui sejauh mana pemanfaatan dana desa, dalam waktu dekat ini Komisi I DPRD Gorontalo Utara (Gorut) akan melakukan monitoring. Komisi yang membidangi hukum dan pemerintahan ini, termasuk pemerintah desa, juga merupakan bagian dari tanggung jawab lembaga dalam hal pengawasan.

Kepada media ini, Wakil Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte menegaskan bahwa pihaknya telah merencanakan agenda untuk melakukan evaluasi dan monitoring pemanfaatan dana desa 2021. 

“Hanya saja untuk waktunya belum ditentukan, mengingat padatnya agenda kelembagaan akhir-akhir ini,” kata Matran Lasunte. 

Selain agenda kelembagaan yang padat, agenda untuk kepanitiaan lainnya, juga cukup padat. Semua tak boleh ditinggalkan karena menyangkut tugas dan tanggung jawab lembaga yang memang harus dilaksanakan.

“Saat ini agenda kelembagaan yang masih eksis dilaksanakan yakni permintaan keterangan oleh Panitia Hak Angket. Kemudian masih ada lagi agenda lainnya yakni pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) atas pemanfaatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020,” jelasnya.

Menurut Matran Lasunte, semua agenda tersebut penting dan juga ada target waktu yang telah dipatok. Sehingga pelaksanaan agenda tersebut harus berjalan dengan maksimal dan diharapkan selesai tepat waktu. 

“Hanya saja kami juga perlu mengetahui sampai sejauh mana pemanfaatan dana desa yang ada di setiap desa. Terutama terhadap program pembangunan yang dilaksanakan,” ujarnya.

Dengan monitoring dan evaluasi tersebut, Komisi I berharap akan mendapatkan informasi yang jelas dan akurat terkait dengan pemanfaatan dana desa tersebut.  Termasuk bagaimana sistem pengelolaannya dan juga capaiannya, serta dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan dana desa tersebut kepada masyarakat. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 8 times, 1 visits today)

Komentar