Rabu, 5 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Komisi II Apresiasi Kinerja Keuangan Daerah 

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Rabu, 5 Mei 2021 | 04:05 WITA Tag: ,
  Ketua Komisi II DPRD Kabgor, Ali Polapa


Hargo.co.id, GORONTALO – Meskipun capaian pada 2020 mengalami masalah, Komisi ll DPRD Kabupaten Gorontalo tetap mengapresiasi kinerja Bagian Keuangan Daerah.

Ini disampaikan Ketua Komisi ll Ali Polapa, yang mana menurutnya masalah yang dihadapi oleh keuangan daerah pada 2020 adalah, realisasi pendapatan yang tidak memenuhi target dan berimplikasi pada realisasi belanja daerah. 

“Berdasarkan LKPJ tahun 2020, capaian kinerja keuangan daerah mengalami masalah,” ungkap Ali, Ahad (02/05/2021). 

Menurut Ali Polapa, masalahnya adalah realisasi pendapatan tidak memenuhi target yang berimplikasi pada realisasi belanja yang juga tidak memenuhi target, karena adanya kebijakan refocusing dari pemerintah pusat. 

“Akibat dari refocusing tersebut menyebabkan, asumsi anggaran belanja tidak dapat terealisasi, hingga realisasi belanja tidak mencapai target, namun meski dengan keadaan seperti itu laporan keuangan pemerintah daerah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK,” ungkap Ali.

Aleg tiga periode ini menambahkan, sesuai LHP BPK terhadap laporan keuangan pemerintah daerah pada tahun 2020, mendapatkan opini WTP. Dan prestasi WTP seperti ini telah diraih oleh pemerintah daerah sudah berulang kali. 

“Untuk itu DPRD Kabupaten Gorontalo memberi apresiasi kepada pemerintah daerah, atas kinerja yang baik ini,” tandas Aleh tiga periode ini. (wie/adv/hargo)

BACA  Hubungan Eksekutif-Legislatif Tetap Terjaga

Komentar