Thursday, 29 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Komisi II Segera Evaluasi Program yang Gunakan DAK

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Thursday, 27 May 2021 | 16:05 PM Tags: ,
  Andi Mattawang, Anggota DPRD Gorut

Hargo.co.id, GORONTALO – Komisi II DPRD Gorontalo Utara (Gorut) rencananya akan mengevaluasi program yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Evaluasi merupakan agenda rutin Komisi II, namun kali ini akan lebih fokus pada penggunaan DAK. 

Ini diungkapkan Ketua Komisi II DPRD Gorontalo Utara, Andi Mattawang ketika dihubungi media ini terkait dengan rencana evaluasi. Menurutnya, evaluasi terhadap pelaksanaan program dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja akan terus dilakukan. 

“Targetnya agar program yang dijalankan mencapai hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan masyarakat. Evaluasi kinerja dan juga realisasi program OPD mitra tersebut memang telah masuk dalam agenda kerja rutin Komisi II,” kata Andi Mattawang. 

Terkait waktu pelaksanaan evaluasi, menurut Andi Mattawang, belum dijadwalkan. Intinya, dalam waktu dekat ini, dan mitra kerja sudah harus ada persiapan. Komsi II akan fokus pada penggunaan DAK dan dari evaluasi itu akan diketahui sejauh mana perkembangan terhadap program tersebut.

“Perkembangan yang dimaksud tentu terkait dengan apakah program tersebut telah masuk dalam tahapan mana? Apakah masih dalam tahapan perencanaan, atau telah masuk dalam proses lelang atau bahkan sudah dalam tahapan pengerjaan,” ungkapnya.

Fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan program itu sangatlah jelas merupakan tugas yang melekat dan harus diaplikasikan dengan maksimal. 

“Sehingga ketika dalam perkembangan pelaksanaan ada hal-hal yang ditemukan, tentu ini akan menjadi bahan evaluasi untuk segera disampaikan,” ujarnya.

Disisi lain, terhadap DAK tersebut, kata Andi Mattawang, tentu ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan seiring dengan pengucuran anggaran tersebut. 

“Terhadap syarat dan ketentuan tersebut harus dikomunikasikan dengan baik lintas sektoral yang memiliki hubungan dan kewenangan,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar