Sabtu, 30 Mei 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Komisi II Tuntaskan Perda Pengelolaan Pasar

Oleh Deice Pomalingo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Legislatif , pada Senin, 23 Maret 2020 | 03:05 WITA Tag: ,
  Ketua Komisi II DPRD Kabgor, Ali Polapa saat memaparkan hasil pembahasan tentang Perda Pengelolaan Pasar. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah melalui pembahasan yang cukup alot dan panjang selama tiga pekan, rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang pengelolaan pasar selesai dan resmi menjadi Perda. Pengesahan ini melalui rapat paripurna DPRD Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Rabu (18/03/2020) pekan lalu.

Pada paripurna tersebut, Ketua Komisi II DPRD Kabgor, Ali Polapa menjelaskan, Perda ini melalui berbagai kajian guna dijadikan pertimbangan. Itu menjadi proses penyempurnaan dan perampungan materi . Baik pengkajian secara internal, maupun dengan melibatkan unsur lain.

“Disamping pembahasan dengan instansi terkait, dilakukan konsultasi publik bahkan sharing informasi, dengan daerah-daerah lain baik menyangkut substansi materi dan proses penerapannya,” jelas Ali Polapa.

Ditambahkan oleh Ali Polapa, dalam setiap pembentukan Perda, tentunya memerlukan suatu kajian yang mendalam dan komprehensif mengenai teori atau pemikiran ilmiah yang berkaitan dengan materi muatan Ranperda yang akan dibentuk. Sehingganya pemikiran ilmiah tersebut mengarah kepada penyusunan argumentasi filosofis, sosiologis serta yuridis guna mendukung perlu atau tidak perlunya penyusunan Ranperda.

Ini dimaksud agar nantinya Perda ang dihasilkan sesuai dengan kondisi yang diharapkan. Selain itu, juga terterima di masyarakat serta tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

“Oleh sebab itu, dalam setiap pembahasan baik internal maupun bersama dengan instansi terkait dilakukan pengkajian dan penyempurnaan dengan memperhatikan berbagai regulasi yang menjadi pedoman dalam pembentukannya,”jelasnya. (wie/adv/hg)

Loading spinner

Komentar