Senin, 6 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kondisi Pelayanan Dinas Dukcapil Dipertanyakan

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Rabu, 17 November 2021 | 12:05 PM Tag: , , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte

Hargo.co.id, GORONTALO – Persoalan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), diharapkan untuk dapat disampaikan ke publik. Pasalnya Dinas Dukcapil tersebut erat kaitannya dengan layanan dokumen kependudukan.

Ini dikatakan oleh Wakil Ketua Komisi I, DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Matran Lasunte saat berbincang dengan awak media ini. Menurutnya, hingga saat ini masih belum mengetahui dengan jelas perkembangan persoalan yang terjadi di Dinas Dukcapil tersebut. 

“Karena beberapa waktu lalu kan Kepala Dinas Dukcapil dikabarkan akan mengundurkan diri, kemudian ada persoalan lainnya terkait dengan honor dari para Pegawai Tidak Tetap (PTT),” kata Matran Lasunte.

Persoalan yang terjadi di lingkungan dinas tersebut sampai mengganggu proses pelayanan dokumen kependudukan yang akan dilakukan oleh masyarakat. 

“Tentunya dokumen kependudukan ini sangatlah penting bagi masyarakat termasuk kami para aleg, bagaimana masyarakat akan melengkapi dokumen kependudukan mereka ketika tidak ada pelayanan,” ujarnya.

Pelayanan kepada masyarakat harus diberikan secara maksimal, begitu juga para aparatur yang bekerja di dinas tersebut juga harus dijamin upah mereka. 

“Hal ini tentu saling mempengaruhi, bagaimana aparatur akan bekerja ketika mereka tidak menerima upah,” jelasnya.

Berbagai persoalan tersebut kata Matran belum diketahui sampai saat ini sudah sampai sejauh mana upaya penyelesaian yang dilakukan oleh pemerintah daerah terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut. Untuk itu, Matran berharap agar kondisi dari Dinas Dukcapil tersebut harus dapat disampaikan ke publik sudah sampai dimana. 

“Dalam artian apakah pelayanan kepada masyarakat untuk pengurusan dokumen kependudukan apakah sudah berjalan secara normal sudah dapat dilakukan saat ini atau masih belum, itu yang harusnya disampaikan ke publik,” tegas Aleg PPP tersebut.

Harapannya kata Matran, persoalan-persoalan yang terjadi di tingkatan OPD diharapkan untuk tidak mengganggu jalannya pelayanan yang dilakukan kepada masyarakat. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 16 times, 1 visits today)

Komentar