Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kondisinya Rusak, Irigasi Tumba Minta Diperhatikan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Utara Legislatif , pada Rabu, 5 Februari 2020 | 08:05 Tag: ,
  Irigasi Tumba

Hargo.co.id, GORONTALO – Irigasi yang berada di Desa Tumba kini butuh perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda) Gorontalo Utara (Gorut). Maklum, kondisinya kini sudah rusak, sementara ada tiga desa yang memanfaatkan.

Keterangan ini disampaikan Anggota DPRD Gorut, Jery Kiswanto usai melakukan kunjungan ke irigasi tersebut. Menurut Jery Kiswanto, sebagaimana hasil dari tinjauan lapangan yang dilakukannya, irigasi tersebut perlu untuk segera ditangani.

“Irigasi tersebut dibutuhkan oleh tiga desa yakni Tumba, Kikia dan Buloila untuk keperluan pertanian,” ungkapnya.

Selama ini, pihak desa telah melaporkan hal ini ke Pemda Gorut melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Informasinya, ada yang telah memberikan uang senilai Rp 2 juta, dan uang tersebut telah dipergunakan untuk memperbaiki irigasi tersebut,” jelasnya.

Hanya saja kata Jery Kiswanto, pihak desa tidak mengetahui apakah uang tersebut bantuan pribadi atau apa. Terlepas dari hal tersebut, untuk perbaikan sampai saat ini, masyarakat dan desa secara swadaya melakukan perbaikan dan pemeliharaan.

“Ada desa yang bersedia memperbaikinya, namun tidak masuk dalam pemanfaatan dana desa, sehingga hingga saat ini belum maksimal irigasi tersebut dimanfaatkan,” tegasnya.

Masyarakat dan pemerintah desa berharap agar persoalan ini segera mendapatkan tanggapan dan tindakan dari pemerintah.

“Pasalnya saluran irigasi tersebut merupakan infrastruktur dasar dan memang sangat dibutuhkan untuk pertanian. Sehingga hal ini jangan dibiarkan berlarut-larut,” ujarnya.

Di sisi lain, irigasi tersebut sudah berulang kali dilakukan perbaikan, dan jika ini tidak segera tertangani, ditakutkan akan lebih parah lagi kerusakannya.

“Dan jangan membuat masyarakat petani risau sehingga mempengaruhi produksi pertanian dan pada akhirnya mempengaruhi kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (abk/adv/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar