Jumat, 23 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Koperasi Makin Diminati, Setiap Tahun Nasabah Terus Meningkat

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Selasa, 7 Februari 2017 | 10:59 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id GORONTALO –  Koperasi di Gorontalo kini seakan tak ingin kalah bersaing dengan perbankan dan sejumlah perusahaan pembiayaan.

Betapa tidak, dari tahun ke tahun, nasabah di beberapa koperasi besar di Gorontalo terus meningkat.

Ini menjadi sinyal bahwa koperasi kini menjadi salah satu lembaga yang mulai diminati warga, terutama mereka para pedagang dan pelaku usaha kecil.

BACA  Air Sungai Bulango Surut, Penambang Pasir Sedot Rupiah

Misalnya, Koperasi Serba Usaha (KSU) Mari Bersama yang berada tepat di Jalan Beringin, Kelurahan Huangobotu, Kecamatan Dungingi.

Badan usaha yang merupakan ranting dari KSU Damai Abadi di Kelurahan Isimu Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo tersebut setiap tahunnya mengalami peningkatan nasabah.

Bukan hanya itu saja, tingkat presentasi pendapatan pertahunnya pun tergolong cukup positif bagi suatu badan usaha.

BACA  Pandemi Covid-19 Bikin Permintaan akan Emas Naik Gila-gilaan

Hal ini terlihat dari jumlah nasabah pada tiga tahun terakhir yang terus meningkat tajam.

Tahun 2014, jumlah nasabah koperasi tersebut sebanyak 3.197 orang, 2015 meningkat menjadi 3.582 nasabah, dan pada tahun 2016 meningkat menjadi 3.908 nasabah,

dengan rata rata peningkatan pendapatan pada tahun 2014 mencapai 81 persen, 2015 turun 12 persen, 2016 naik menjadi 15 persen, hingga pada per 31 Januari 2017 menjadi 13 persen.

BACA  Sah! Berikut Asumsi Dasar Ekonomi Makro 2021

Jalannya usaha koperasi di Kota Gorontalo tidak terlepas dari peran masyarakat itu sendiri dan bagaimana cara pengelolaan usaha tersebut.

Seperti yang diungkapkan Lukman Gunibala, penanggungjawab KSU Mari Bersama. Menurutnya, kendala yang sering dihadapi koperasi pada umumnya iyalah masyarakat itu sendiri yang berkaitan dengan masalah pengembalian setoran.

Laman: 1 2


Komentar