Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kopra Bersaing dengan Kelapa Muda

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Selasa, 21 Maret 2017 | 10:12 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO-hargo.co.id – Para pengusaha kopra di Gorontalo kini harus bersaing dalam memperoleh stok kelapa. Pasalnya, sejumlah petani kelapa di Gorontalo, saat ini mulai melakukan panen kelapa di saat kelapa masih muda.

Kelapa muda tersebut dijual ke sejumlah pedagang es kelapa muda yang semakin hari kian menjamur Keputusan petani untuk menjual kelapa dalam usia muda.

itu cukup beralasan Sebab, jika dilihat dari segi keuntungan dan penghematan waktu panen, kelapa muda jauh lebih unggul.

BACA  Sah! Berikut Asumsi Dasar Ekonomi Makro 2021

Dari segi harga, para petani menjual kelapa muda Rp 2 ribu per butir dan panen kelapa muda bisa dilakukan setiap dua bulan.

Sementara itu, panen kelapa tua harus menunggu waktu 3-4 bulan dan setiap kg daging kelapa tua basah (3-4 butir kelapa) dibanderol dikisaran Rp 3-4 ribu per kg.

BACA  Peluang Besar Bisnis Hidroponik di Perkotaan

Ridwan, petani kelapa di Kabupaten Bone Bolango mengatakan, sebelumnya, ia bersama sang istri selalu melakukan panen kelapa di saat buah kelapa sudah tua.

“Namun sejak beberapa tahun belakangan saat banyak yang butuh kelapa muda, kami mulai melakukan panen lebih cepat,” ungkapnya.

Apalagi, pada ramadan, menurut Ridwan, sebagian besar petani memilih menjual buah kelapa masih muda ketimbang sudah tua untuk dijadikan kopra.,, “Kalau jual masih muda tidak begitu repot.

BACA  Materai Baru Rp 10.000 Sah Digunakan untuk Dokumen Elektronik

Tetapi biasanya ada juga stok kelapa tua, kalau permintaan kelapa muda belum ada, kelapa yang sudah lewat umur panen akan kami jadikan kopra,” ujarnya.

Dalam sekali panen, Ridwan mengaku, setiap satu pohon kelapa bisa menghasilkan 20 butir kelapa muda dalam sebulan.(dan/hg)


Komentar