Jumat, 30 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Korut Siapkan Ledakan Termonuklir Terbesar di Pasifik

Oleh Aslan , dalam Kabar Dunia , pada Senin, 25 September 2017 | 04:00 WITA Tag: , , ,
  


Hargo.co.id, SEOUL – Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-ho mengatakan bahwa negerinya siap mengujicobakan lagi termonuklir alias bom hidrogen. Kali ini uji coba tersebut bakal dilakukan di Samudra Pasifik.

’’Itu mungkin akan menjadi ledakan termonuklir terbesar di Pasifik,’’ ungkapnya.

Bersamaan dengan itu, Yonhap melaporkan hal serupa. Kantor berita Korea Selatan (Korsel) itu yakin uji coba segera terjadi.

BACA  Begini Reaksi Kim Jong Un Mendengar Donald Trump Kena COVID-19

Pernyataan Ri ini menyusul pidato pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong un, Kamis (21/9). Dalam pidatonya Kim melampiaskan kemarahannya kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengancam akan menghancurkan Korut.

’’Kata-kata (Trump) itu justru semakin membuat yakin bahwa jalur yang saya tempuh ini sudah benar,’’ katanya.

BACA  Debat Capres AS: Badut Trump dan Biden yang Tidak Cerdas

Jalur yang dimaksud Jong-un adalah program nuklir. Karena Trump mengingkari fakta bahwa Korut punya kemampuan untuk menciptakan senjata nuklir, Jong-un akan membuatnya menyesal. Dia bersumpah membalas pidato Trump itu dengan serangan.

Dari Negeri Panda, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengimbau semua pihak agar bisa menahan diri. Beijing menyayangkan kekerashatian Trump dan Jong-un yang tetap saling olok dan saling gertak.

BACA  Presiden Jokowi Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi

’’Situasinya sudah menjadi kian sensitif. Semua pihak yang terlibat (dalam konflik) harus bisa menahan diri dan tidak saling memprovokasi,’’ ungkap Jubir Kemenlu Tiongkok Lu Kang. (AP/Reuters/BBC/hep/c15/any/hg)


Komentar