Kamis, 24 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



KPU Bone Bolango Terus Sosialisasikan Aplikasi SILON

Oleh Jamal De Marshall , dalam Kab. Bone Bolango KPU , pada Sabtu, 15 Februari 2020 | 17:05 WITA Tag:
  Para LO atau penghubung bakal calon perseorangan Cabub-Cawabup mengikuti Sosialisasi pemantapan SILON di Pilkada 2020 yang digelar oleh KPU Kab. Bone Bolango. (Foto Zulkifli Polimengo/ Hargo)


Hargo.co.id, GORONTALO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango, kembali menggelar kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek), kepada para Liaison Officer (LO) atau penghubung bakal calon perseorangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup), di Pilkada 2020.

Kegiatan yang digelar di Ruang-IT Render Kabupaten Bone Bolango pada (15/02/2020) itu, turut dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Ketua dan Komisioner KPU Bone Bolango, serta Ketua Bawaslu Bone Bolango.

Ketua KPU Bone Bolango Adnan A Berahim menjelaskan, Sosialisasi dan Bimtek ini dilakukan untuk mempermantap Aplikasi SILON yang diterapkan pada penyelenggaraan tahapan Pilkada 2020.

BACA  Ini Kata Walikota Jayapura Tentang Merlan Uloli

“Ini merupakan kedua kalinya kami menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimtek, terkait penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan, serta pemantapan Aplikasi SILON pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango Tahun 2020,” jelas Adnan A Berahim.

Lanjut Adnan A Berahim juga menuturkan, bahwasanya dalam Pilkada Tahun 2020 ini, tahapan Calon Perseorangan lebih dulu dimulai daripada pencalonan Partai Politik.

BACA  Ketua KPU Arief Budiman Positif Tertular Covid-19

“Ini sengaja didahulukan karena tahapan untuk calon perseorangan akan dimulai pada Tanggal 19 sampai 23 Februari Tahun 2020,”tutur Adnan A Berahim.

Ditambahkannya pula, Aplikasi silon sendiri adalah Sistem Informasi untuk pencalonan, yang akan menyimpan dokumen secara digital, yaitu dokumen yang diserahkan secara hard copy akan diimput ke SILON, sehingga memudahkan KPU untuk menghitung jumlah dukungan.

“Aplikasi SILON adalah Sistem Imformasi dari KPU RI yang sudah diterapkan sejak 2019 kemarin, dan dengan adanya Aplikasi ini kita dapat dengan mudah mendeteksi adanya kegandaan nama atau KTP pendukung,”tambah Ketua KPU Bone Bolango.

BACA  Calon Kontestan Pilkada di Bone Bolango Bersedia Diberi Sanksi

Dalam kesempatan ini Adnan A Berahim juga menegaskan,yang perlu diperhatikan saat mengimput adalah pastikan bahwa kesesuaian antara hard copy yang diimput sudah di isi sebelumnya, dan sudah ditanda tangani oleh pendukungnya.

“Jangan sampai tidak di tandatangani oleh pendukung, sementara dokumen tersebut sudah terimput, maka itu bisa jadi persoalan yang akan ditindak lanjuti melalui Ferivikasi Administrasi dan vaktual,” pungkas Adnan A Berahim.(zul/hg)


Komentar