Minggu, 20 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



KPU Gandeng Disdukcapil Rekam E-KTP di Mall, Ini Alasannya 

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo Headline , pada Senin, 30 Juli 2018 | 17:00 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO –Undang-undang nomor 7 tahun 2017 mengamanatkan pada Pemilu 2019, pemilih yang bisa menggunakan hak pilih wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Di sisi lain, rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) tingkat Provinsi Gorontalo menemukan masih ada 60.866 warga yang belum memiliki e-KTP.

Pelataran City Mall, Kota Gorontalo tampak lain dari biasanya, Sabtu (28/7). Lokasi yang kali pertama disambangi saat memasuki pintu depan City Mall Gorontalo itu, terdapat deretan meja lengkap dengan perlatn komputer.

BACA  Akses Menuju SDN 12 Tabongo Butuh Perhatian 

Masing-masing meja tertera nama-nama daerah kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo. Sementara itu sejumlah pengunjung tampak antusias menyambangi perangkat komputer yang di depannya bertuliskan “Cek NIK”.

Dengan rasa agak penasaran, pengunjung yang rata-rata berusia remaja dan pemuda tersebut memasukkan identitasnya, untuk mengecek apakah namanya tertera dalam data base kependudukan.

Beberapa di antaranya tertawa riang menyaksikan namanya sudah masuk dalam daftar rekaman elektronik KTP (e-KTP). Sementara lainnya agak sedikit malu-malu mengetahui namanya belum masuk dalam daftar e-KTP.

BACA  Dapat Dukungan dari Australia, Penyandang Disabilitas di Gorontalo Dapat Pelatihan Menjahit

Menariknya, para pengunjung yang belum terdaftar dalam e-KTP itu langsung disambangi petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo. Mereka lantas diajak meyambangi meja sesuai domisili (tempat tinggal). Setelah memberikan identitas kepada operator komputer, para pengunjung mulai menjalani prosedur perekaman e-KTP.

Begitulah suasana perekaman e-KTP yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, Sabtu (28/7) di pelataran City Mall, Kota Gorontalo. Kegiatan yang bertajuk “Talk Show Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2019”itu dilakukan dengan menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

BACA  Penanganan Stunting dan Pernikahan Anak Jadi Fokus Utama BKOW Gorontalo

Di samping memberikan edukasi berkaitan Pemilu 2019, utamanya menyangkut data pemilih, kegiatan tersebut turut dirangkai perekaman e-KTP. Kegiatan perekaman e-KTP ini disambut penuh antusias pengunjung City Mall. Mulai dari sekadar mengecek NIK hingga melakukan perekaman e-KTP.

Laman: 1 2


Komentar