Selasa, 26 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



KPU Kota Mendadak Rame-rame ke Jakarta

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo Headline , pada Sabtu, 3 Februari 2018 | 12:18 WITA Tag: ,
  


GORONTALO,Hargo.co.id – Jumat (2/2), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo menggagendakan penyerahan hasil verifikasi parpol tingkat Kota Gorontalo. Namun, kegiatan yang sedianya dipimpin oleh Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba itu hanya di delegasikan kepada anggota KPU Kota Lapandri Ilahude. Sementara Ketua bersama tiga komisioner lainnya masing-masing Salihun Ino Ischak, Sukrin Thalib, dan MKMAA tak berada di tempat.

Ketidak hadir nya Ketua bersama tiga anggota KPU Kota Gorontalo itu dikarenakan mereka sedang berada di Jakarta. Informasi yang dirangkum Gorontalo Post, Ketua dan tiga Anggota KPU bertolak ke Jakarta pada Jumat pagi.

Keberangkatan rame-rame anggota KPU Kota Gorontalo ke KPU RI itu terkesan mendadak. Pasalnya, sehari sebelumnya seluruh komisioner KPU Kota Gorontalo masih melaksanakan tugas verifikasi faktual. Termasuk menerima massa aksi Aliansi Masyarakat Peduli Konstitusi (AMPK) yang berunjuk rasa di kantor KPU Kota Gorontalo.

BACA  Hingga 3 Januari 2021, Gorontalo Utara Tutup Seluruh Destinasi Wisata

Beredar kabar bila kepergian KPU Kota Gorontalo terkait proses verifikasi pencalonan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Gorontalo. Selain itu langkah KPU Kota yang turut dikawal KPU Provinsi Gorontalo itu juga dikaitkan dengan rekomendasi yang dikeluarkan Panwaslu Kota Gorontalo. Hanya saja, apa isi rekomendasi itu belum diketahui. Pasalnya, Panwaslu Kota Gorontalo enggan untuk membeberkan isi rekomendasi yang telah ditujukan ke KPU Kota.

Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba yang dihubungi melalui sambungan seluler tak memberi jawaban. Meski terdengar nada sambung, panggilan Gorontalo Post tak dijawab.

BACA  Perahu Nelayan Dihantam Ombak di Gorontalo, Seorang Dalam Pencarian

Sementara itu Komisioner KPU Kota Gorontalo, Lapandri Ilahude membenarkan keberangkatan keempat rekannya itu ke Jakarta. “Iya benar, mereka (Empat komisioner KPU Kota Gorontalo,red) ke jakarta,” terangnya.

Tujuan para komisioner untuk ke Jakarta sendiri menurut Lapandri terkait dua persoalan. Yakni menjemput LHKPN para paslon di Kantor KPK serta mengkonsultasikan sejumlah tuntutan masyarakat Kota Gorontalo, terkait sejumlah persoalan di Kota Gorontalo. Di antaranya mengenai ijazah maupun penetapan perbaikan berkas pendaftaran paslon.

“Soal edaran waktu pengumuman hasil perbaikan penelitian kelengkapan berkas milik paslon kepada masyarakat yang saat ini menjadi persoalan, pada dasarnya terjadi kesalahan persepsi, dimana dalam PKPU memang tidak diatur kapan waktu penyampaian penelitian perbaikan berkas pendaftaran paslon, olehnya KPU RI kemudian mengeluarkan edaran yang pada intinya mengatur bahwa penyampaian hasil penelitian perbaikan berkas paslon, akan disampaikan pada tanggal 12 februari 2018 mendatang,” terangnya.

BACA  Gubernur Resmikan Jembatan Molintogupo

Lebih lanjut Lapandri menerangkan, dalam PKPU yang selama ini ditafsirkan oleh sebagian orang, mengatur waktu penyampaian hasil penelitian perbaikan, hanyalah waktu untuk penyampaian penelitian berkas pendaftaran.

“Tapi kemudian kami memilih untuk tetap menampung keluhan masyarakat ini, dan mengkonsultasikan persoalan ini dan sejumlah persoalan lain ke KPU RI,” tandasnya. (tr-45/hg)


Komentar