Senin, 14 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



KPU Pohuwato Target Pertahankan Partisipasi Pemilih

Oleh Ryan Lagili , dalam Headline KPU , pada Sabtu, 2 November 2019 | 04:05 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna menyukseskan setiap hajatan Pilkada, hal yang perlu dicapai yakni meningkatkan partisipasi pemilih. Hal itu yang menjadi target KPU Pohuwato dalam menyelenggarakan Pilkada di daerah tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua KPU Pohuwato Rinto Ali, pada acara peluncuran tahapan Pilkada Pohuwato yang berlangsung di pelataran Pantai Pohon Cinta, Kecamatan Marisa, Jumat (01/11/2019). Menurutnya, pada Pilkada Pohuwato mendatang, pihaknya berharap bisa kembali mengukir prestasi membanggakan sebagaimana yang diraih pada Pemilu 2019.

“Angka partisipasi kita pada Pemilu 2019 mampu melampaui target nasional, yakni 86,39 persen. Hal ini naik empat persen jika dibandingkan pada pemilu 2014 yakni 82 persen. Pilkada tahun ini minimal angka pemilu dapat dipertahankan,” ungkap Rinto Ali.

BACA  Satu Perda ‘Dibanderol’ Rp 300 Juta Hingga Rp 500 Juta

Adapun tujuan pelaksanaan peluncuran tahapan Pilkada ini adalah untuk menyampaikan kepada seluruh elemen masyarakat bahwa KPU Pohuwato telah siap melaksanakan tahapan hajatan lima tahun ini.

“Kesiapan kami didukung Pemda yang telah mengalokasikan anggaran untuk membiayai seluruh tahapan Pilkada, yakni sebesar Rp 19,186 juta. Dimana dari 270 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pemilu, kita termasuk yang tepat waktu menyelenggarakan NPHD, yakni pada 1 Oktober 2019,” tuturnya.

BACA  Peringati HUT ke 75 RI, Pemuda di Boalemo Upacara di Embung

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras, Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem, Sekda Djoni Nento, unsur Forkopimda, dan seluruh elemen masyarakat.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemilu bisa membawa daerah ke dua arah pintu. Yakni pintu kemajuan atau malah pintu kehancuran.

“Setelah melewati beberapa Pemilu, Kabupaten Pohuwato dengan cepat menunjukkan perkembangan yang baik. Itu artinya pelaksanaan Pemilu sebelumnya di Pohuwato sukses membawa daerah ini ke arah pintu kemajuan,” ujar Fadliyanto Koem.

Lanjut katanya, Pilkada Pohuwato 2020 mendatang digarap kembali bisa berjalan dengan sukses. Dengan demikian, Pilkada Pohuwato akan melahirkan pemimpin yang diinginkan rakyat. Makanya, partisipasi Pemda dan seluruh stakeholder sangat diharapkan untuk aktif secara positif.

BACA  Segera Hadir di Gorontalo, Hotel Aston Bakal Suguhkan Menu Lokal

Sementara itu Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras, atas nama pemerintah daerah menyampaikan penghargaan apresiasi dan terima kasih kepada KPU.

“Peluncuran ini adalah momen untuk mulai mensosialisasikan tahapan Pilkada. Ini tanggung jawab kita semua. Diharapkan tingkat partisipasi pemilih meningkat. Mari kita sama-sama mengawal Pilkada Pohuwato agar berjalan sesuai aturan main yang ada,” pungkas Amin Haras. (ayi/hg)


Komentar