Senin, 1 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



KPU Tetapkan Saipul-Suharsi Pemenang Pilkada Pohuwato

Oleh Ryan Lagili , dalam KPU , pada Senin, 22 Februari 2021 | 02:05 WITA Tag:
  Penyerahan dokumen penetapan paslon terpilih hasil Pilkada Pohuwato 2020, Sabtu (20/02/2021). (Foto Istimewa/HUMAS KPU)


Hargo.co.id, GORONTALO – Usai putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan hasil Pilkada Pohuwato oleh salah satu Paslon. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, akhirnya menggelar rapat pleno terbuka, dengan agenda penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato terpilih, 2020, Sabtu (20/0/20212).

Dalam rapat yang dihadiri Unsur Forkopimda, pasangan calon, partai Politik dan gabungan partai pengusung, serta Bawaslu Kabupaten Pohuwato, KPU menetapkan pasangan Saipul A Mbuinga–Suharsi Igirisa (SMS) dengan raihan 37.190 suara atau 41.10 persen, sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Sebagaimana yang tertuang dalam keputusan KPU tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pohuwato tahun 2020.

BACA  Hasil Pleno KPU, Pasangan Hamim - Merlan Pemenang Pilkada Bone Bolango

Dalam sambutanya, Ketua KPU Pohuwato, Rinto W Ali menyampaikan, pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh pihak terkait atas terselenggaranya Pilkada Pohuwato yang berjalan baik, aman, lancar sehat dan.

“Walaupun di tengah pandemi, tahapan pemungutan suara yang dilakukan tidak satu orang pun yang terpapar, baik dari masyarakat pemilih ataupun dari penyelenggara Alhamdulillah tidak ada yang terkonfirmasi positif. Tentunya pencapaian ini patut kita ucapkan terima kasih kepada semua pihak lebih khusus kepada unsur Forkopimda yang telah memberikan suport penuh kepada KPU sebagai penyelanggara, sehingga terlaksananya seluruh tahapan, kondusivitas daerah masih tetap terjaga,” tutur Rinto.

BACA  Gugatan Kandas di MK, KPU Tetapkan Nelson-Hendra Pemenang Pilkada di Kabgor

Hasil rapat pleno terbuka, tersebut pun, sambung Rinto. Nantinya akan dituangkan kedalam berita acara untuk selanjutnya ditetapkan sebagai putusan KPU Pohuwato yang selanjutnya, salinan tersebut akan disampaikan kepada DPRD Kabupaten Pohuwato, Parpol atau gabungan Parpol pengusung, pasangan calon, KPU, dan kelima Bawaslu kabupaten.

BACA  Gugatan Kandas di MK, KPU Tetapkan Nelson-Hendra Pemenang Pilkada di Kabgor

“Pasca hari ini. Hasil dari rapat pleno hari ini akan kami sampaikan ke DPRD, ada batasan waktu untuk pengusulan Bupati Terpilih, itu ada range waktu 3 hari untuk usulan pelantikan. Jadi tugas kami sebagai penyelenggara, sudah menghasilkan surat keputusan untuk selanjutnya dokumen ini akan diparipurnakan oleh DPRD dan pemerintah daerah,” jelasnya. (ryn/hargo)


Komentar