Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kue Lopes, Jajanan Favorit di Gorontalo Saat Ramadan

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Ragam , pada Rabu, 21 April 2021 | 17:05 WITA Tag: , ,
  Ilustrasi Kue Lopes. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Di bulan suci Ramadan, ada banyak makanan buka puasa yang diperjualbelikan oleh para pedagang dihampir seluruh pinggiran jalan, khususnya yang ada di Gorontalo. Dari yang harganya murah, sampai yang mahal, dengan bentuk atau tampilan yang menarik, hingga persoalan rasa.

Salah satu jajanan ataupun makanan buka puasa yang paling banyak diburu di daerah Gorontalo adalah kue Lopes. Kue yang satu ini selalu menjadi favorit dan banyak digemari oleh masyarakat di bulan suci Ramadan. Bahkan banyak masyarakat yang rela antrian panjang, hanya untuk membeli jajajan ini, untuk dijadikan sebagai menu pelengkap saat berbuka puasa.

BACA  Suka Duka Anak Rantau di Bulan Ramadan

“Saya sudah dari dulu, sangat suka dengan kue lopes ini, karena rasanya yang lezat juga nikmat, sehingga cocok untuk dijadikan makanan untuk buka puasa. Harganya pula cukup terjangkau,” kata Aldi salah seorang pembeli jajanan kue Lopes di Gorontalo.

Sama seperti jajanan lain pada umumnya yang banyak dijumpai ketika bulan Ramadan, Kue Lopes sendiri mempunyai keunikan dan ciri khas yang cukup berbeda. Kue ini terbuat dari bahan dasar beras ketan, santan, penyedap rasa, kelapa yang sudah diparut serta gula merah. Proses pembuatannya pun cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Kue ini kadang sering dipesan sesuai dengan selera para pelanggan.

BACA  Ini Kisah Kakak Beradik di Bone Bolango yang Butuh Uluran Tangan 

Ibu lilis salah seorang pedagang Kue Lopes di Gorontalo menyampaikan, seringkali banyak pelanggan yang sudah memesan terlebih dahulu karena takut akan kehabisan. Mereka pula memesan kue sesuai dengan seleranya masing-masing

“Kadang banyak yang sudah memesan lebih awal dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing pembeli. Khusus untuk gula merah, yang sudah dicairkan sebelumnya dan akan ditaburi diatas kue lengkap dengan kelapa yang sudah diparut, kadangkala dicampur dengan buah-buahan. Salah satunya yang menjadi favorit adalah buah durian,” paparnya.

BACA  Begini Cara Masyarakat Gorontalo Bangunkan Sahur 

Jajanan Kue Lopes ini akan sangat mudah dijumpai saat bulan Ramadan, khususnya di tempat penjualan takjil dibeberapa ruas jalan yang ada Kota Gorontalo. Harga kue ini pun sangat terjangkau, mulai dari Rp 1.000 rupiah per kue, hingga Rp 5.000 rupiah per tiga potong kuenya. Sehingga tak jarang kue ini sering banyak diburu pembeli saat menjelang waktu berbuka puasa.(alwi/ung/hargo)


Komentar