Sabtu, 17 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kuota CPNS KemenkumHAM Gorontalo Ditentukan Pusat

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 13 Juli 2017 | 12:02 WITA Tag: , , ,
  


GORONTALO Hargo.co.id – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) dipastikan akan dilaksanakan di Gorontalo. Aturan ini berlaku untuk para pendaftar dengan klasifikasi pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat dan Diploma Tiga dan Sarjana. Proses seleksi ini sendiri akan digelar pada 11 September 2017 mendatang.

Melalui website resminya, Kemenkumham RI merilis lowongan untuk 17.526 pendaftar yang berasal dari klasifikasi pendidikan Strata satu, Diploma tiga hingga SMA sederajat. Formasi terbanyak dikhususkan bagi pelamar yang ingin menjadi penjaga tahanan atau sipir.

Kepala Bagian Program dan Pelaporan Kanwil KemenkumHAM Gorontalo , Muhammad Said mengatakan, penerimaan CPNS Kemenkumham untuk wilayah Gorontalo digelar di Gorontalo.

BACA  Begini Langkah Pemprov Gorontalo Antisipasi Badai Siklon Tropis 94W

Hanya saja, pihaknya tidak bisa memastikan jumlah jatah CPNS yang akan ditempatkan di Gorontalo dari rekrutmen kali ini. Pelaksanaan rekrutmen dilakukan secara nasional, dan pengaturan distribusi pegawai dilakukan langsung oleh Kementerian. “Untuk berapa kuota wilayah Gorontalo kami belum tau, Mash menunggu edaran dari pusat,” ujarnya.

Begitu pun dengan kuota sipir yang akan ditempatkan pada tiga Lapas di Gorontalo, masing-masing Lapas Donggala, Kota Gorontalo, Lapas Tilamuta Boalemo dan Lapas Marisa, Pohuwato. Kanwil Kemenkumham Gorontalo hanya sebagai pelaksana ujian seleksi CPNS. Khususnya untuk klasifikasi pendidikan pelamar SMA dan Diploma 3. “Pendaftarannya langsung dilakukan secara online, sedangkan untuk proses seleksinya untuk SMA dan D3 langsung di Kantor Wilayah masing-masing, Sementara untuk S1 langsung dilakukan di tingkat pusat,” ujarnya.

BACA  Wali Data OPD Dapat Bimtek Dari Diskominfotik Provinsi Gorontalo

Sementara itu, Dibukanya penerimaan ini sendiri menurut Muhammad, Akan sangat membantu Kanwil KemenkumHAM Gorontalo. Karena menurutnya, Sejauh ini pihaknya memang sangat kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya untuk mengisi kekurangan personil di tiga Lapas yang ada di Gorontalo saat ini. “Saat ini kita memang sangat kekurangan, Meski angkanya memang belum bisa kita pastikan berapa jumlah kekurangan kita,” ujarnya.

Namun untuk seleksi CPNS kali ini, Muhammad kembali menekankan bahwa proses seleksinya akan dilangsungkan secara terbuka. Bahkan dirinya menantang seluruh pihak untuk melaporkan kepadanya jika ada oknum pegawai ataupun yang mengatasnamakan lembaga KemenkumHAM yang mencoba menjadi calo dalam penerimaan CPNS KemenkumHAM tahun ini.

BACA  Offroad Bareng Gubernur Gorontalo, Ini Komentar Bupati Minahasa Tenggara

Sementara itu, terpisah Sekretaris Pengadilan Tinggi Gorontalo Armin Jahja saat dimintai tanggapannya tentang proses seleksi Hakim yang dibuka oleh Mahkamah Agung mengaku, sejauh ini prosesnya akan langsung dilakukan secara terpusat di Mahkamah Agung. “Kuotanya kita nggak tau, Karena baik pendaftaran dan seleksi langsung dilakukan di tingkat MA,” jelasnya.

Lebih lanjut Armin juga menjelaskan, Pihaknya juga hingga saat ini belum mengetahui kuota yang akan diberikan ke wilayah Gorontalo. “Seluruh pengadilan baik Pengadilan Tinggi maupun Pengadilan Negeri di Gorontalo memang kekurangan hingga saat ini,”ujarnya. (tr-45/hargo)


Komentar