Selasa, 30 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kura-kura Malang yang Jadi Celengan Ratusan Koin

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Rabu, 8 Maret 2017 | 10:58 AM Tag: , ,
  

Hargo.co.id-  Melemparkan koin ke kolam bisa jadi mendatangkan keberuntungan. Namun, ritual yang kebenarannya tidak bisa dipastikan itu jelas menjadi musibah bagi Omsin. Penyu yang tinggal di kolam milik badan konservasi satwa di Kota Sriracha, Provinsi Chonburi, tersebut nyaris mati gara-gara menelan terlalu banyak koin.

Tinggal di kolam bertuah yang memancing para pengunjung melemparkan koin membuat Omsin akrab dengan uang logam. Bahkan, ia menganggap koin-koin tersebut sebagai makanan. Selama sekitar dua dekade mengonsumsi uang logam, penyu 25 tahun itu mirip celengan. Ya, ada 915 koin dari berbagai belahan dunia yang tersimpan di perutnya.

Pada Senin waktu setempat (6/3), Omsin menjalani operasi pengangkatan koin. Gara-garanya, ia mulai sulit berjalan dan menunjukkan tanda-tanda kesakitan. Oleh para petugas di badan konservasi satwa, ia dibawa ke rumah sakit hewan di Kota Bangkok. Di ibu kota Thailand tersebut, Omsin terbaring di meja operasi selama tujuh jam. Satu per satu koin diambil dari badannya.

’’Kini kondisinya sudah jauh lebih baik. Tapi, ia harus tetap berada di sini untuk menjalani pemulihan. Setidaknya sampai dua pekan mendatang,’’ kata Nantrika Chansue, dokter hewan yang mengoperasi Omsin di Pusat Riset Akuatik Rumah Sakit Chulalongkorn. Berat total 915 koin yang dikeluarkan dari tubuh Omsin mencapai 5 kilogram. Sebagian, menurut Nantrika, sudah berkarat.

Operasi pengangkatan koin dari tubuh penyu seperti Senin lalu baru kali ini terjadi di Thailand. Karena itu, operasi Omsin menyedot perhatian publik. Rungroj Thanawongnuvej, dekan Fakultas Ilmu Kedokteran Hewan di Chulalongkorn University, mengimbau masyarakat untuk berhenti melakukan ritual lempar koin. ’’Itu karma yang tidak baik karena Anda justru menyiksa hewan,’’ tuturnya. (AFP/Reuters/hep/c14/any/tia)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar