Jumat, 3 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lagi Tren, Menurunkan Berat Badan tanpa Menyiksa dengan Mindful Eating

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Selasa, 26 Oktober 2021 | 04:05 AM Tag: , ,
  Mindful Eating Lagi Tren, Kenali Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh. (Foto: envato elements)

Hargo.co.id – Tahukah kamu jika para ahli di luar sana telah membuktikan bahwa mindful eating bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan mereka?

Mindful eating adalah pola makan yang melibatkan kesadaran secara penuh.

Secara garis besar, mindful eating bukan hanya mengajak kamu menyadari makanan apa saja yang masuk ke dalam perut.

Akan tetapi, mengajarkan bagaimana untuk menikmati setiap proses dalam menikmati setiap makanan, sampai akhirnya kita merasa puas setelah mencicipi makanan tersebut.

Apabila konsep mindful eating ini terus dilakukan, kebiasaanmu yang kerap kali mengonsumsi makanan secara berlebihan disinyalir akan mulai menghilang secara pelan-pelan.

Lilian Cheung, salah seorang ahli gizi dan dosen di Harvard School of Public Health dalam penelitiannya membuktikan bahwa mindful eating dapat membantu menurunkan berat badan.

Lalu, ada juga, Stephanie Meyers, seorang ahli gizi di Dana-Farber Cancer Institute, berdasarkan penelitiannya, mindful eating dapat secara efektif membantu diet bagi pasien kanker.

Tak hanya itu saja, siapapun yang melakukan mindful eating alias makan dengan penuh kesadaran, mereka akan terbantu dari godaan makanan yang kurang sehat dan berdampak buruk bagi tubuh.

Dari segala manfaat yang didapat dari mindful eating, kebiasaan positif yang satu ini rupanya bisa diterapkan untuk mengatasi perilaku makan menyimpang, contohnya binge eating dan emotional eating.

Siapapun yang ingin mulai menerapkan mindful eating dalam kehidupan sehari-hari, yakinilah satu hal jika pola pikir terhadap makanan sesungguhnya bisa mengubah kesadaran dan meningkatkan kontrol diri, dan sisi emosional ketika kita menikmati suatu makanan.

Pelan-pelan, disadari atau tidak, jika menjalani mindful eating dengan konsisten, semua manfaat yang sudah dijelaskan akan bisa dirasakan langsung oleh diri kamu. (*)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di GenPI.co, dengan judul: “Mindful Eating Lagi Tren, Penurunan Berat Badan Tanpa Menyiksa“. Pada edisi Senin, 25 Oktober 2021.
(Visited 15 times, 1 visits today)

Komentar