Selasa, 17 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lakukan Terobosan Jika Ingin Membangun Desa 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 1 April 2022 | 20:05 Tag: ,
  Awak media ini saat berbincang dengan Kades Tolongio, Mohamad Albar Rahman dan Sekdes Andriyanto Eksan, Rabu (30/03/2022). (Foto: Istimewa).

Hargo.co.id, GORONTALO – Desa merupakan salah satu aset daerah, dan untuk itu desa juga harus dapat melaksanakan pembangunan dengan maksimal baik itu pembangunan fisiknya maupun pembangunan sumber daya. 

Olenya Kepala Desa (Kades) Tolongio Kecamatan Anggrek, Mohamad Albar Rahman mengatakan bahwa pihaknya juga harus pandai melihat apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk dapat dimanfaatkan agar dapat memberikan manfaat balik bagi desa dan masyarakatnya.

Iyan sapaan akrab Kades Tolongio saat berbincang dengan awak media ini, Rabu (30/3) kemarin mengatakan bahwa untuk desa yang dipimpinnya tersebut mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani. 

“Dan kesulitan yang dialami oleh para petani tentunya memenuhi kebutuhan pupuk, sehingga harus ada terobosan yang dilakukan terkait dengan pemenuhan pupuk tersebut” jelasnya.

Iyan yang saat itu didampingi Sekretaris Desa (Sekdes), Andriyanto Eksan mengatakan bahwa di desa juga ada yang namanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Yang usahanya bergerak dalam bidang simpan pinjam dan kios desa, hanya saja ini belum berjalan dengan maksimal” kata Iyan.

Sebagai kepala desa, saat ini dirinya bersama dengan perangkat desa lainnya tengah menggagas program yang dapat mendatangkan manfaat ekonomi masyarakat. 

“Di desa kami kan ada tempat pengelolaan sampah, dan itu belum maksimal dimanfaatkan, dan kami dari desa bermaksud untuk meminjam tempat tersebut untuk pelaksanaan program daur ulang sampah plastik,” ungkapnya.

Sampah plastik tersebut, kata Iyan tentu bernilai ekonomi dan siapa saja dapat memungut sampah tersebut dari semua kalangan umur. 

“Anak-anak sampai orang tua silahkan untuk mengumpulkan sampah plastik tersebut dan kami akan mengambilnya,” jelasnya.

Di tempat pengolahan sampah tersebut kata Iyan, ada juga mesin pencacah, sehingga ini dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan keuntungan dari sisi ekonomi. 

“Pada dasarnya, setiap peluang harus dapat dimanfaatkan baik untuk peningkatan ekonomi maupun sumber daya manusianya. Terkait dengan peningkatan SDM, itu ada program dari dinas,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 89 times, 1 visits today)

Komentar