ramadan2024

ramadan2024

Lampung Fokus Kembangkan Wisata Pantai Barat

×

Lampung Fokus Kembangkan Wisata Pantai Barat

Sebarkan artikel ini
Pesisir barat Lampung memiliki potensi wisata yang tinggi. Selancar atau surfing menjadi salah satu unggulannya. (Foto: pesisirbaratlampung.blogspot.com)

hari kesaktian pancasila

Kadin mengapresiasi langkah Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, yang konsisten mengembangkan kawasan wisata pantai barat Lampung. Dukungan provinsi untuk pengembangan destinasi pantai barat berupa perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan yakni jembatan Way Hanura II, Desa Hanura, sebagai akses menuju Puhawang dan Teluk Kiluan.

Kemudian, pengaspalan ruas jalan Padangcermin-Simpang Teluk Kiluan, Desa Sukarame. Kemudian, pembangunan jembatan Way Umbar sebagai penghubung Pesawaran-Tanggamus. Jembatan ini sebelumnya tak ada, progresnya 80% dan tak lama lagi selesai dan dapat dipakai mulai tahun ini.

Example 300250

“Pantai barat ini seperti Anyer di Banten. Lokasinya tak jauh dari Bandar Lampung dan akses ke sana mulai membaik. Kami merekomendasikan pengembangan destinasi wisata yang tak jauh dari ibukota Bandar Lampung, agar mudah diakses. Kawasan seperti Puhawang dan Sari Ringgung mudah diakses dari Bandar Lampung. Namun Kiluan dan Tanjungsetia cukup jauh. Oleh karena itu sarana pendukung seperti homestay dapat dikembangkan di sana,” kata Ari.

Pembenahan Pulau Puhawang yang dikeroyok Kadin Forum CSR Lampung bersama antara lain transportasi, lahan parkir, standardisasi harga produk, pelayanan, kualitas, keamanan, kenyamanan, dan kesehatan. Kemudian, meminimalisasi kerusakan terumbu karang, mengajak masyarakat sadar wisata, dan pembenahan sarana ibadah. “Kami ingin Puhawang menjadi model kerja sama pemerintah dan swasta mengembangkan destinasi wisata,” kata Ari.
Langkah lain yang dilakukan Kadin dalam mendukung pariwisata adalah dengan mengembangkan Kampung Tapis di Negerikaton, Kabupaten Pesawaran. Tapis merupakan kain khas Lampung yang banyak dijadikan cinderamata.(Hg)



hari kesaktian pancasila