Jumat, 23 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Langkah Hana Hasanah Ditentukan PDIP

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Selasa, 30 Agustus 2016 | 12:50 WITA Tag: , , , ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Langkah Anggota DPD-RI, Hana Hasanah, ke pentas pemilihan Gubernur (Pilgub) Gorontalo 2017 mendatang, akan ditentukan oleh dukungan partai pemenang pemilu 2014 silam yaitu PDIP.

Bila PDIP memutuskan tak mendukung Hana Hasanah maka Pilgub berpeluang hanya akan menyajikan dua pasangan calon dari partai politik.

Sejauh ini sudah ada dua partai politik yang secara terbuka menyatakan resmi mendukung Hana Hasanah sebagai Calon Gubernur. Yaitu Partai Gerindra dan PPP.

BACA  Hindari Kerumunan, Demo Omnibus Law Tak Dapat Izin

Keputusan Gerindra mendukung pencalonan Hana Hasanah yang juga istri mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad itu, sebelumnya sudah dinyatakan langsung oleh Ketua Gerindra Provinsi Gorontalo, Elnino Mohi.

Sementara dukungan PPP dinyatakan oleh salah seorang kadernya yang duduk di Deprov Gorontalo, Alfian Pomalingo.

“Ya. Kami (PPP.red) resmi mendukung Hana Hasanah,” ujar Alfian Pomalingo, kepada Gorontalo Post, Senin (29/8).

BACA  Pemprov - Deprov Gorontalo Sepakati Ranperda Protokol Kesehatan

Namun dukungan Gerindra dan PPP itu belum menjamin Hana Hasanah untuk bisa mengamankan tiket dukungan ke Pilgub. Karena jumlah kursi Gerindra dan PPP masih dibawah batas minimal dukungan parpol yaitu 20 persen kursi di DPRD.

Partai Gerindra hanya punya satu kursi, sementara PPP empat kursi di DPRD provinsi. Sehingga kalau digabungkan dukungan Gerindra dan PPP baru lima kursi.

BACA  Cegah Klaster Baru, Hindari Kerumunan Saat Libur Panjang

Sementara batas minimal dukungan partai atau gabungan partai untuk dapat mengusung pasangan calon di Pilgub minimal harus 9 kursi di DPRD Provinsi.

Memang ada beberapa partai yang sampai sekarang belum punya keputusan resmi di Pilgub yang bisa melengkapi dukungan Hana Hasanah. Yaitu, Partai Demokrat dan PDIP.

Memang, sebelumnya partai Demokrat sudah memberi sinyal untuk mendukung calon petahana yaitu duet Rusli Habibie-Idris Rahim.

Laman: 1 2


Komentar