Rabu, 28 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lantaran Kepepet,Bobol ATM Bank SulutGo

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Kamis, 13 April 2017 | 11:53 WITA Tag: , , , ,
  


MARISA – Hargo.co.id Lantaran sudah kepepet, UL alias Ucen (24) warga Desa Mootilango, Kecamatan Duhiadaa, Kabupaten Pohuwato nekat membobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Sulawesi Utara-Gorontalo (SulutGo) di kawasan Marisa, Pohuwato.

Namun karena tidak ahli, aksinya itu gagal. Malah kini, ia harus mendekam dibalik jeruji besi Polres Pohuwato setelah aksinya itu diketahui petugas lewat rekaman CCTV ATM tersebut, Rabu, (12/4).

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post, UL melakukan aksi pembobolan itu pada Senin, (10/4) dini hari. Sesuai rekaman CCTV, UL masuk ke dalam ATM sekitar pukul 02.30 wita. Ia bolak-balik masuk untuk mengamati kondisi sekitar ATM.

Setelah memastikan situasinya aman, ia langsung beraksi dengan merusak bagian bawah mesin ATM. UL diduga menggunakan sebilah besi untuk membobol bagian mesin ATM yang merupakan tempat penyimpanan uang. Namun aksinya itu tak berhasil.

BACA  Diduga Bawa Narkoba, Pria di Kota Gorontalo Diringkus Polisi

Meski bagian luar sudah berhasil dirusak, namun brangkas ATM tak juga terbuka. Karena takut ketahuan oleh petugas security yang berjaga tak jauh dari tempat ATM, ia pun segera keluar tanpa hasil dan cepat-cepat melarikan diri. Beberapa saat kemudian, petugas security yang berjaga di tempat tersebut masuk untuk mengecek kondisi mesin ATM.

Ternyata, bagian bawah mesin rusak karena dipaksa dibuka oleh UL. Kejadian ini pun langsung dilaporkan pihak Bank SulutGo ke Polres Pohuwato. Sementara itu, petugas Polres Pohuwato yang mendapatkan laporan tersebut langsung bergegas untuk mencari informasi lewat rekaman CCTV. Ternyata pelakuanya adalah seorang pemuda.

BACA  Aksi Tolak Omnibus Law di Gorontalo Kembali Berakhir Ricuh

Setelah ditelusuri lebih lanjut, pemuda tersebut diketahui adalah UL yang tinggal di Desa Mootilango. Atas dasar itu, petugas pun langsung menghubungi Babinkantibmas yang di Desa Mootilango.

UL berhasil ditangkap di rumahnya pada Rabu, (12/4) sekira pukul 02.00 Wita.Kepala Bank SulutGo Kabupaten Pohuwato Rudiyanto Katili mengatakan, dari hasil pemeriksaan, tidak ada uang 1 rupiah pun yang hilang dalam ATM.

Meski begitu, pihak bank menderita kerugian materil akibat kerusakan mesin ATM. “Kita sudah melapor ini ke pihak Polres Pohuwato,” kata Rudiyanto.Sementara itu, Kanit Bintibmas Sat Binmas Polres Pohuwato Bripka Jemmy Berahim mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan, UL nekat melakukan aksi pembobolan ATM tersebut karena sudah kepepet.

BACA  Pengemudi Ngantuk, Mobil Mini Bus Hantam Pohon di Tepi Jalan

“Ia mengaku kabur dari rumah lantaran kesal melihat hubungan orang tuanya hancur (broken home),” katanya. Kasat Reskrim Polres Pohuwato AKP Denny Muhtamar mengatakan, saat ini tersangka UL sudah diamankan di Mapolres Pohuwato untuk proses sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk sementara motif yang diketahui dari tersangka karena kepepet tak punya uang. Meski begitu, pihaknya masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mencari tahu kemungkinan yang bersangkutan masuk dalam jaringan pembobolan ATM.(hg)


Komentar