Rabu, 21 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Latih Kadernya Jadi Barista, Wagub Apresiasi SOKSI Gorontalo

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Minggu, 11 Oktober 2020 | 21:05 WITA Tag: , ,
  Wagub Gorontalo, Idris Rahim ketika memberikan sambutan pada pelepasan kader SOKSI yang akan mengikuti pelatihan Barista tingkat nasional, Sabtu (10/10/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak 40 kader Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Gorontalo angkatan kedua resmi dilepas untuk mengikuti program pelatihan Barista Cafe & Coffee Nasional. Pelepasan dilakukan oleh Wagub Gorontalo, Idris Rahim, Sabtu (10/10/2020), di aula rumah jabatan Wagub Gorontalo.

Dalam sambutannya, Wagub mengatakan, pengangguran merupakan permasalahan dan tantangan besar yang harus diselesaikan bersama oleh pemerintah dan seluruh unsur terkait lainnya. Idris mengungkapkan, data pengangguran di Gorontalo saat ini sebanyak 4,22 persen, sedangkan secara nasional jumlah pengangguran mencapai 6,8 juta orang. Jumlah tersebut ditambah lagi 3,5 juta pekerja yang terkena dampak pandemi Covid-19, ada yang dirumahkan dan ada pula yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Di samping itu ada 2,9 juta orang yang merupakan pekerja baru.

BACA  Selain Wajib Masker, Imun Tubuh Juga Harus Dijaga

“Inilah salah satu tantangan besar pemerintah untuk mengatasi pengangguran dan menjamin agar seluruh rakyat memiliki pendapatan. Oleh karena itu atas nama Pemprov Gorontalo saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada SOKSI yang sudah berinisiatif mengatasi pengangguran di Gorontalo,” ungkap Idris.

BACA  Wagub: Ingin Eksis di Masa Pandemi, Harus Berinovasi

Pelatihan kader SOKSI merupakan program berkelanjutan yang dirancang oleh ketua SOKSI Pusat, Reyna Usman. Tujuannya untuk memangkas pengangguran di Gorontalo.

“Sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, ibu ketua menyusun program ini, biar bisa membantu pemerintah menekan angka pengangguran di Gorontalo,” ucap Sekretaris SOKSI Gorontalo, Adhie Pala.

Pelatihan Barista Cafe & Coffee merupakan program kerja sama antara Dewan Pimpinan Daerah XXX SOKSI Provinsi Gorontalo dengan Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK-PKK) Lembang, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Kementerian Tenaga Kerja RI.

BACA  Pemprov Salurkan Bantuan Kemensos untuk Korban Bencana Bulawa

Terkait penyelenggaraan pelatihan di tengah pandemi Covid-19, Adhie Pala, mengutarakan bahwa seluruh peserta pelatihan telah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bebas dari virus Corona.

“Semua peserta persyaratannya harus lolos rapid test dan alhamdulillah seluruhnya non reaktif serta dalam keadaan sehat walafiat. Kami berpesan kepada peserta untuk menjaga diri agar tidak terpapar Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan,” tandas Adhie.

Hadir pada pelepasan kader SOKSI itu, ketua SOKSI Provinsi Gorontalo, Ishak Liputo.(adv/rwf/hg)


Komentar