Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Launching Desa Sadar Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Headline , pada Tuesday, 12 September 2017 | 11:38 AM Tags: , ,
  

Hargo.co.id Gorontalo – Sepertinya kesadaran para pekerja di Provinsi Gorontalo baik disektor formal maupun informal untuk memproteksi diri dari resiko kecelakaan kerja hingga berujung pada kematian masih minim.

Dari data statistik,jumlah angkatan kerja didaerah ini berjumlah sekitar 590 ribu lebih pekerja dengan jumlah pekerja aktif sebanyak 568 ribu. Namun yang terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) hanya 114 ribu atau sekitar 20 persen.

Ini terungkap pada kegiatan Launching Desa Sadar Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Desa Hutadaa Kec.Talaga Jaya Kab.Gorontalo. Senin,(11/9). Padahal menurut Kepala Kantor BPJS-TK Wilayah Sulawesi Maluku Sudirman Simamora, kehadiran BPJS-TK tidak hanya memberi perlindungan bagi tenaga kerja tetapi juga mengentaskan kemiskinan.

“Ayo sadar terhadap BPJS-TK karena program ini dijamin negara, yang memberikan perlindungan tanpa batas. Olehnya kami mohon dukungan pemerintah dimana kehadiran BPJS-TK untuk mensejahterakan pekerja,”ujar Sudirman Simamora.

Sekda Kabupaten Gorontalo Hadidjah Tayeb mengapresiasi langkah BPJS-TK yang menurutnya memiliki bukti ,nilai serta manfaat yang dirasakan langsung oleh peserta, kendati diperlukan sosialisasi masif agar program ini benar-benar diketahui oleh masyarakat terutama manfaatnya. ”Semoga Desa Sadar BPJS-TK yang digagas oleh BPJS –TK ini menjadi percontohan karena sudah ada yang menjamin dan memberi perlindungan bagi pesertanya,”harap Sekda Hadidjah Tayeb.

Disaat yang sama diadakan penyerahan klaim santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) kepada Umar Bakari (PT.Tri Jaya Tangguh) yang mengalami cacat anatomis sebesar Rp.19.500 ribu dan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris Foni Tuli (PT.2 Jaya Bersaudara) sebesar Rp.27.788.080 serta penyerahan sebanyak 200 kartu peserta BPJS-TK. “Yang perlu diingat, ketika sehari baru mendaftar sebagai peserta BPJS-TK secara otomatis langsung dilindungi program JKK dan JKM,”tandas Hendrayanto, Kepala BPJS-TK Cabang Gorontalo. (Lyd/hg)

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar