Rabu, 23 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lebaran Ketupat, Popayato ‘Diserbu’ Warga Sulteng

Oleh Fajriansyach , dalam Kab. Pohuwato , pada Sabtu, 23 Juni 2018 | 07:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Perayaan lebaran ketupat di wilayah barat Pohuwato tidak saja dirasakan oleh warga asli Popayato. Warga tetangga dari Kecamatan Moutong, Provinsi Sulteng turut meramaikan momen tersebut. Mereka berbongong-bondong datang berkunjung dan bersilaturrahmi dengan warga yang ada di Popayato Group.

Wakil Bupati Amin Haras memimpin tim Pemda dalam kunjungan perayaan lebaran ketupat di wilayah barat yang dimulai dari Desa Milangodaa dan Desa Maleo Kecamatan Popayato Timur.

Kemudian Wabup Amin Haras bersama rombongan menuju Kecamatan Popayato Barat yakni di Desa Persatuan, Rudis Camat Popayato Barat, Kediaman Anggota DPRD Umar Biki, bagian Pantai Desa Dudewulo, Posko 1 Desa Dudewulo serta dua titik di Desa Butungale. Selanjutnya Wabup Amin Haras yang didampingi sejumlah Kepala OPD dan Staf Ahli Bupati menuju Kecamatan Lemito.

Dikatakan Wabup Amin Haras yang didampingi Kapolres Pohuwato AKBP Dafcoriza,SIK,Msc, perayaan Lebaran Ketupat di Kabupaten Pohuwato meningkat setiap tahunnya.

“Dimana setiap Desa sekitar tiga dan empat titik kegiatan yang dilaksanakan oleh rema muda dan karang taruna. Alhamdulillah kegiatan ini mendapatkan respon positif dari seluruh masyarakat tidak hanya masyarakat Pohuwato bahkan hingga dari Provinsi Sulteng pun memanfaatkan momen ini untuk bersilaturahim. Dimana di setiap titik telah tersedia jamuan berupa ketupat, nasi bulu serta makanan khas Gorontalo,” ujarnya.

Dengan perayaan ini kata Wabup Amin Haras, maka sudah dipastikan lagi masyarakat Pohuwato tidak ada lagi yang keluar jauh hanya untuk menikmati Lebaran Ketupat. “Karena di daerah sendiri (Pohuwato) sudah menggelar kegiatan serupa yang tidak kalah meriah,” tambahnya.

Lebih lanjut Wabup Amin berharap agar kegiatan ini dapat dipertahankan dan terus diselenggarakan setiap tahunnya, dalam rangkan memupuk kerukunan masyarakat.

“Sehinga itu sekali lagi mari kita sama-sama untuk menjaga keamanan dan keteribannya hingga berakhirnya serangkaian kegiatan pada lebaran ketupat tersebut,” harapnya. (mg01/hg)


Komentar