Rabu, 1 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lebih Mudah, Penerimaan Siswa Baru di Gorontalo Berbasis Online

Oleh Berita Hargo , dalam Features Gorontalo Headline , pada Kamis, 8 Juni 2017 | 13:59 PM Tag: ,
  

GORONTALO, hargo.co.id – Penerimaan siswa baru jenjang SD-SMA se-Provinsi telah dimulai sejak awal Juni.

Menariknya, untuk jenjang SMA/SMK, penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Provinsi Gorontalo dibuat mirip seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Yakni Yakni, berada dalam jaringan terpadu pada satu laman online. Dengan demikian, siswa cukup mendaftar secara online.

Adapun kuota penerimaan siswa baru secara online yaitu sebanyak 16.335 siswa. Kuota tersebut meliputi seluruh SMA di kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo.

Calon peserta didik baru yang ingin mendaftar secara online terlebih dahulu melakukan registrasi username dan password-nya di menu pendaftaran agar dapat mengakses https://www.grhm.web.id.

Sebelum melakukan login harus menunggu verifikasi melalui email yang telah didaftarkan. Selanjutnya calon peserta didik baru melakukan login dengan username dan password yang telah dikirim melalui email. Calon peserta didik baru mengisi formulir prapendaftaran, (pastikan kebenaran data diri anda dan wajib menyelesaikan setiap step isian pendaftaran).

Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo mengatakan, proses seleksi diupayakan di masing-masing daerah. Siswa luar kota yang akan mendaftar sekolah di kota lain bisa ikut mendaftar. Jika sudah diterima, siswa bisa datang ke sekolah yang dituju.

Meski begitu jumlah kouta calon peserta didik untuk masing-masing sekolah jenjang SMA/SMK sudah ditetuntukan. Sehingga Sekolah tak boleh sembarangan untuk menerima dan melebihi kouta yang telah ditetapkan tersebut.

“Untuk layanan penerimaan peserta didik baru dilaksanakan dengan dua pelayanan yaitu pelayanan online/website dan pelayanan di loket sekolah. Untuk pelayanan online/di website, maka layanan sistem informasi dilaksanakan secara 24 jam nonstop; Layanan pendaftaran secara online dapat dilakukan ditempat mana saja dan dapat menggunakan Smarphone Android dan IOS selama ada jaringan data di lokasi pendaftaran,” jelas Weni Liputo

Weni pun menjamin dengan penataan kouta yang sudah ditetapkan tersebut, maka seluruh peserta didik lulusan SMP sederajat bisa memilih dan tertampung di seluruh sekolah tingkatan berikutnya.

“Apalagi kami melihat saat ini banyak anak-anak kami yang melanjutkan sekolahnya di luar daerah. Ada juga yang di Madrasah. Sehingga bagi kami ini tidak ada masalah,” ucapnya. (ndi/gip/roy)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar