Jumat, 12 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Legislator Minta Perjelas Lahan Sebelum Membangun 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Sabtu, 25 Juni 2022 | 00:05
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Rina Polapa

Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Rina Polapa meminta pemerintah untuk memperjelas lahan sebelum dilakukan pembangunan. Jika tidak, maka ini dapat mengganggu jalannya pembangunan, dan bahkan ketika pembangunan selesai terkadang bangunan tak bisa digunakan karena lahan yang bermasalah. 

“Makanya, saya tegaskan agar pemerintah daerah Gorontalo Utara untuk dapat memperhatikan pengadaan lahan sebelum dilakukan pembangunan. Entah itu pengadaan lahan atau hiba, tetap harus dilengkapi surat-surat sebelum dilakukan pembangunan,” kata Rina Polapa. 

Maksud Rina Polapa, terkait dengan status lahan tersebut harus jelas dulu sebelum dibebaskan atau ketika pemerintah akan melakukan pembayaran. Harus jelas status tanah tersebut, apakah tanah budel, milik pribadi, HGU atau jenis lainnya atas tanah tersebut.

“Selain soal status kepemilikan lahan tersebut, juga diharapkan agar calon lahan yang akan dibebaskan tidak sedang berperkara atau dalam masalah. Ini juga penting kedepan agar pada proses selanjutnya ketika tanah tersebut digunakan untuk pembangunan tidak akan mengalami masalah, apalagi sampai ada yang melakukan pemblokiran terhadap lahan tersebut,” jelas Rina Polapa.

Dirinya lantas menjelaskan, ketika terjadi pemblokiran, tentu akan berdampak terutama terhadap proses dan pelaksanaan pembangunan itu sendiri. Ini akan menjadi satu kerugian bagi daerah karena proses pembangunan terhambat. Untuk itu, dalam proses pembebasan lahan, pemerintah daerah harus benar-benar mengetahui dengan jelas lahan yang akan digunakan. 

“Karena sudah banyak pengalaman yang terjadi di daerah ini terkait dengan lahan dan seharusnya itu menjadi satu pengalaman dan pembelajaran,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 19 times, 1 visits today)

Komentar