Saturday, 18 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Legislator Pantura Sepakat Gunakan Hak Angket

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Headline Legislatif , pada Wednesday, 19 May 2021 | 00:05 AM Tags: , ,
  Ilustrasi. DPRD Gorontalo Utara sepakat gunakan Hak Angket.

Hargo.co.id, GORONTALO – Legislator Pantura (julukan Anggota DPRD Gorontalo Utara) sepakat menggunakan Hak Angket yang ditegaskan melalui paripurna pada Selasa (18/05/2021). Usulan Penggunaan Hak Angket itu ditandatangani 23 Anggota DPRD dari 25 yang ada. 

Menurut Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik menjelaskan bahwa Hak Angket merupakan hak yang hanya dimiliki oleh DPRD, selain Hak Interpelasi dan Hak Menyatakan Pendapat. Hak Angket dapat diusulkan paling sedikit 5 anggota DPRD dan lebih dari satu fraksi. 

  Anggota DPRD Gorontalo Utara,  Matran Lasunte saat membacakan alasan lembaga tersebut menggunakan Hak ANgket. Selasa (18/05/2021). (Foto Alosius M. Budiman)

Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte saat membacakan alasan lembaga tersebut menggunakan Hak ANgket. Selasa (18/05/2021). (Foto Alosius M. Budiman)

“Untuk usulan Hak Angket, sebanyak 23 orang dari 25 Anggota DPRD Gorontalo Utara yang telah menandatangani. Usulan itu telah diajukan pada 26 April lalu. Usulan itu juga disertai alasan kenapa para Anggota DPRD Gorontalo Utara usulkan penggunaan hak angket,” kata Hamzah Sidik. 

Beberapa alasan diantaranya, keterbatasan akses untuk mendapatkan data terkait dengan berbagai persoalan yang ada. Kemudian terhadap dugaan penyalahgunaan wewenang dalam beberapa persoalan. Terhadap pergeseran anggaran yang tidak melalui mekanisme yang diatur dan tanpa persetujuan serta pengetahuan dari DPRD.

“Terhadap berbagai dugaan pelanggaran tersebut, tentu dapat berdampak luas kepada masyarakat dan juga daerah. Sehingga DPRD perlu untuk melakukan perbaikan melalui mekanisme yang diatur dan itu adalah penggunaan Hak Angket,” jelasnya. 

Pandangan fraksi, semuanya menyatakan persetujuan untuk menggunakan Hak Angket. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar