Lengkapi Koleksi, Mahasiswa Unismuh Luwuk Berburu Buku di Gorontalo 

Sejumlah mahasiswa dari Unismuh Luwuk tengah berburu buku di Gramedia guna menambah koleksi bukunya. (Foto Ridha Risma Yunita untuk Hargo)

-

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna melengkapi koleksi buku yang ada kini, sejumlah mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada salah satu toko buku yang teletak di Komplek Citimall Gorontalo. Mereka berburu buku mengingat di Luwuk jarang ada toko buku selengkap yang mereka kunjungi.

Informasi yang berhasil dihimpun, para mahasiswa Unismuh Luwuk ini datang ke Gorontalo sejak dua pekan lalu. Mereka datang untuk menjalani Kuliah Kerja Profesi (KKP) atau magang. Jelang penarikan atau sebelum kembali ke kamus, mereka memanfaatkan waktu untuk berkunjung ke salah satu toko buku terkenal di Gorontalo.

Ditemui Hargo.co.id, Yuniar Aprilia, salah seorang mahasiswa Unismuh Luwuk mengatakan, dirinya berburu buku di Gramedia Gorontalo karena di kota asalnya, Luwuk-Banggai Sulteng tidak terdapat toko buku selengkap itu.

“Sa den taman-taman datang ba bili buku di sini, karna di Luwuk te ada Gramedia. Ada toko buku cuma buku yang disediakan tidak lengkap,”kata Yuniar Aprilia dengan dialek khas Sulawesi Timur (Luwuk dan sekitarnya)

Teknologi yang semakin maju mempermudah untuk setiap orang untuk melakukan transaksi jual beli secara online termasuk jual beli buku. Namun, Yuniar Aprilia dan sejumlah mahasiswa lainnya lebih memilih membeli buku langsung pada toko buku. Pasalnya, mereka ragu membeli buku secara online dengan alasan buku yang dimaksud kadang bajakan.

“Lebih suka ke toko buku langsung karna biasanya kalo bili online sudah harga buku tambah ongkir ternyata buku yang datang bajakan. Biasa juga yang KW,” katanya.

Bersama sejumlah rekannya dari Unismuh Luwuk, Yuniar Aprilia berharap kedepannya agar toko buku seperti Gramedia ada di Kota Luwuk. Alasannya, toko buku yang lengkap dengan berbagai jenis bacaan dapat menunjang minat baca dan literasi kepada masyarakat Luwuk sendiri. (magang/ridah/hg)