Sabtu, 31 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lestarikan Budaya, ASN Pemprov Gorontalo Pakai Bele’uto Setiap Jumat

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Jumat, 4 September 2020 | 14:05 WITA Tag: , ,
  ASN di lingkungan Pemprov Gorontalo tengah mengenakan Bele'utu guna melestarilan budaya. Ini dilakukan setiap Jumat dan dimulai hari ini. (Foto Istimewa/Koleksi FB Yantie Hartini Najoan)


Hargo.co.id, GORONTALO – Ada pemandangan yang berbeda pada pakaian yang digunakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Gorontalo pada Jumat. Biasanya terlihat mengenakan pakaian batik atau olahraga, namun pada hari Jum’at dua pekan belakangan, sejumlah ASN nampak mengenakan Bele’uto.

Bele’uto adalah kain atau sarung yang menutupi bagian tubuh hingga kaki dengan membuka sedikit bagian mata sehingga dapat melihat. Bele’uto sendiri merupakan salah satu budaya zaman dahulu Gorontalo yang dinilai merupakan satu dari sekian cara menangkal virus Corona yang digaungkan Pemprov Gorontalo.

BACA  Cegah Klaster Perkantoran, 100 ASN Pemprov Jalani Swab Test

“Pak Gubernur disetiap kesempatan meminta warga untuk menghidupkan kembali kearifan lokal bele’uto ini. Sebab, ini lebih ampuh dan efektif menangkal Covid-19. Dan Alhamdulillah sudah ada beberapa PNS yang menggunakan. Seperti di BPBD, Dikbudpora dan beberapa Dinas lainnya,” ujar Karo Humas dan Protokol Pemprov Gorontalo, Masran Rauf saat dihubungi Hargo.co.id

BACA  Pastikan Protkes, Ormawa UNG Bantu Pencegahan Covid-19

Rencananya penggunaan bele’uto oleh ASN akan diwajibkan setiap Jumat. Dasar dan aturan sementara dikaji oleh Pemprov Gorontalo.

BACA  Cegah Covid-19, Kapolda Gorontalo Fokus Tiga Daerah Zona Merah

“Aturannya sementara dibuat. Saat ini masih dikaji. Nanti ini (Bele’uto) akan diwajibkan kepada seluruh PSN setiap hari Jum’at,” pungkas Masran Rauf.(adv/rwf/hg)


Komentar