Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lewat APBD 2020, Jembatan Molintogupo Masuk Prioritas

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo Headline , pada Jumat, 12 Juni 2020 | 15:05 WITA Tag: ,
  Jembatan Molintogupo yang hanyut dihantam derasnya air sungai Bone, Kamis (11/6/2020). Jembatan ini akan diganti dengan jembatan rangka baja oleh Pemprov Gorontalo. (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Fisik Jembatan Molintogupo yang terseret derasnya air Sungai Bone, Kamis (11/06/2020), rupanya masuk dalam prioritas pembangunan pemerintah Provinsi Gorontalo tahun ini. Ya, melalui APBD 2020 jembatan itu akan diganti dengan jembatan rangka baja.

Jembatan ini sendiri sementara dikerjakan oleh pemenang proyek yakni PT Anhal Abadi Bersama.

BACA  Guna Tangani Banjir, Ini Usulan BWS Sulawesi II ke Pemprov Gorontalo

“Kontraknya 30 April hingga 29 November 2020. Saat ini kegiatan di lapangan masih taraf pekerjaan persiapan berupa pemeriksaan tanah dan pembuatan jembatan darurat. Jadi sebetulnya, ada banjir atau tidak jembatan itu sudah masuk prioritas kami,” ujar Kepala Dinas PUPR, Handoyo Sugiharto.

BACA  Honda CBR250RR SP Quick Shifter Diluncurkan dengan Performa Terbaik

Dijelaskan Handoyo Sugiharto, Jembatan Molindogupo yang baru akan hadir lebih kokoh dari sebelumnya. Bahkan, saat ini rangka baja sedang di pabrikasi di Jakarta. Abutment atau pangkal jembatan dibuat lebih kuat untuk menahan beban muatan yang lebih berat.

BACA  Kantor Pemerintahan di Kabupaten Gorontalo Ditutup

Jembatan Molindogupo menghubungkan Suwawa Tengah dan Suwawa Selatan. Sejak tahun 2012 ruas jalan itu sudah dialihkan menjadi milik pemerintah provinsi.

Jembatan tersebut sempat hanyut dihantam banjir 2006 sehingga dibangun lagi dengan jenis jembatan bailey. Beruntung tahun ini pemprov menganggarkan untuk pembangunan jembatan permanen .(adv/rwf/hg)


Komentar