Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lewat Bimtek, Wagub Gorontalo Tekankan Pentingnya Penyusunan LPPD

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Rabu, 3 Maret 2021 | 00:05 WITA Tag: ,
  Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim memberikan sambutan pada pembukaan bimtek penyusunan LPPD, di aula Panua Kantor Bupati Pohuwato, Selasa (02/03/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo H. Idris Rahim menekankan pentingnya melakukan penyusunan LPPD sesuai dengan ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan, dimana hal yang menjadi perhatian dalam penyusunan LPPD di antaranya meliputi Indikator Kinerja Kunci (IKK), elemen data, serta data pendukungnya.

Hal itu dikatakan Wagub saat membuka dan memberikan sambutan pada kegiatan bimbingan teknis (bimtek) penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Provinsi Gorontalo tahun 2020, yang digelar oleh Biro Pemerintahan dan Kesra, di aula Panua Kantor Bupati Pohuwato, Selasa (02/03/2021).

BACA  Menkes RI Minta Lansia Dan Guru Jadi Sasaran Prioritas Vaksinasi

“Walaupun nilai kita sudah tinggi pada LPPD sebelumnya, tetapi itu bisa juga turun, tergantung kualitas laporan yang kita sajikan,”kata H. Idris Rahim.

Wagub menjelaskan, penyusunan LPPD merupakan kewajiban pemerintah daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007. Di samping itu terdapat Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang meliputi LPPD, LKPJ, RLPPD, dan EPPD.

BACA  Saatnya Traffic Light di Gorontalo Dilengkapi Ruang Henti Khusus

“Saya hitung ada tujuh laporan yang harus kita susun setiap tahun. Semua laporan itu harus disusun dengan prinsip transparansi, akuntabilitas, akurasi, dan objektif,”jelas H. Idris Rahim.

Selain itu pada kesempatan yang sama Kepala Biro Pemkesra, Sriwahyuni D. Matona dalam laporannya memaparkan, penilaian LPPD Provinsi Gorontalo terus mengalami peningkatan. Tahun 2017, LPPD Gorontalo memperoleh nilai 2,7765, dimana nilai tersebut naik menjadi 2,9344 pada tahun 2018.

BACA  Wagub Gorontalo: HKG ke-49 tahun 2021 Momen Evaluasi Kinerja PKK

“LPPD tahun 2018 memperoleh hasil dengan status kinerja tinggi. Untuk LPPD tahun 2019 masih menunggu hasil penilaian dari Kemendagri,”pungkas Sriwahyuni D. Matona.(zul/adv/hargo)


Komentar