Jumat, 7 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lima Pesawat Tiba-Tiba Mendarat di Gorontalo, Ada Apa Ya?

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 30 Desember 2016 | 11:20 Tag: , , ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Bandara Djalaludin Gorontalo Kamis (29/12) mendadak ramai. Jumlah pesawat yang parkir di apron bandara itu cukup banyak dari biasanya.

Ini akibat, lima pesawat milik sejumlah maskapai penerbangan tiba tiba mendarat darurat di bandara tersebut.
Kelima pesawat ini, yakni 1 pesawat Lion Air, 3 pesawat Wings Air dan 1 pesawat Explore Jet milik Garuda Indonesia.

Lima pesawat tersebut harus ke Gorontalo akibat tak bisa mendarat di daerah tujuan, Manado dan Ternate yang mengalami cuaca buruk. Pesawat Lion Air sebelumnya berangkat dari Makassar menuju Manado.

Namun karena cuaca buruk di Manado, pesawat ini terpaksa mendarat di Bandara Djalaludin pada pukul 11.38 Wita. Kemudian pada pukul 11.55 Wita, Wings Air rute Naha-Manado ikut mendarat di Gorontalo.

Disusul pesawat Explore Jet rute Makassar-Manado pada pukul 12.15. Setelah Explore Jet, pesawat Wings Air rute Manado-Ternate mendarat pukul 12.35 Wita dan Wings Air rute Morotai-Ternate mendarat di Gorontalo pada pukul 12.40 Wita akibat cuaca buruk di wilayah Ternate.

Kelima pesawat ini baru kembali melanjutkan penerbangan ke daerah tujuan, Manado dan Ternate setelah cuaca di dua wilayah itu mulai membaik.

Kurang lebih pesawat dan para penumpangnya berada di Bandara Djalaludin Gorontalo selama 2 jam.

District Manager Lion Air Gorontalo, Yasir Hasan mengatakan, pada saat itu, akibat pelataran terminal baru Bandara Djalaludin full, maka pesawat Wings Air terpaksa diparkirkan pada apron terminal lama.

“Sementara penumpang kami tempatkan di ruang VIP lama,” ungkap Yasir.

Pengamat BMKG Sulawesi Utara (Sulut) Sutikno, mengungkapkan, sejak pukul 11.00 Wita sampai pukul 13.00 Wita, udara di wilayah Manado cukup kabur. Inimenyebabkan jarak pandang selama waktu itu tinggal di bawah 1.000 meter.

Hal itulah yang memicu 5 maskapai yang seharunya mendarat di Manado dan Ternate harus deliverd ke Bandara Djalaluddin Gorontalo.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar