Suasana dialog Spesial Gubernur Gorontalo Menyapa yang di Warkop Ano, Ahad (22/03/2020). (Foto Istimewa)

Lindungi Tenaga Medis, Pemprov Gorontalo Beli 1.000 APD

Advertorial Gorontalo

Hargo.co.id, GORONTALO – Tenaga medis yang menangani pasien Corona di Gorontalo tak luput dari perhatian Pemprov Gorontalo. Buktinya, 1.000 Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis telah dipesan oleh Pemprov Gorontalo di PT Sriteks, Solo, Jawa Tengah.

Hal ini terungkap dalam Dialog Spesial Gubernur Gorontalo Menyapa yang disiarkan oleh Radio Suara Rakyat Hulondalo di Warkop Ano, Minggu (22/03/2020).

banner 728x485

“Untuk APD, tiga hari lalu kita sudah putuskan untuk beli di PT Sriteks yang ada di Solo. Kita sudah pesan untuk 1000 buah, kita pesan langsung dari pabriknya. Sudah kontek direkturnya, dan Insya Allah akan dibagikan ke kabupaten kota,” ungkap Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.

Dikatakannya, sebelum membeli 1.000 APD di Solo, dirinya sudah memesan dari Kementerian Kesehatan RI sebanyak 1000 buah, tapi hanya 100 buah yang disanggupi oleh Kemenkes.

“Kita sudah minta kepada Kemenkes, dari 1000 hanya dapat 100 dan sudah di bagi-bagi,” jelas Rusli Habibie.

Dalam dialog tersebut juga terungkap pemprov Gorontalo sempat berencana untuk membeli alat pendeteksi dini virus corona. Namun menurut Rusli, pengadaan alat tersebut harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang memadai.

“Ada masukan dari teman-teman dokter, Pak Gubernur itu tidak sembarangan belinya. Bukan hanya alatnya saja, tapi SDM juga harus siap. Takutnya kita sudah beli tapi alatnya tidak bisa di operasionalkan karena SDM tidak tersedia,” lanjut Rusli.

Rusli Habibie meminta masyarakat tidak perlu khawatir terkait pemeriksaan sampel virus. Jika selama ini sampel dikirim langsung ke Jakarta dan membutuhkan waktu yang lama, maka saat ini sampel hanya dikirim ke Makassar. Jarak yang tidak terlalu jauh berefek pada hasil pemeriksaan sampel yang cepat diketahui.(adv/rwf/hg)