Minggu, 13 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lingkungan Kotor, DLH Diminta Beri Teguran ke Instansi Terkait

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Headline Kab. Gorontalo Utara , pada Minggu, 23 Februari 2020 | 08:05 WITA Tag: ,
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu bersama TNI dan Polri turun langsung membersihkan sampah dalam rangka hari sampah nasional, Jumat (21/02/2020). Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu meminta pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk melayangkan surat kepada beberapa instansi yang lingkungannya kotor. Itu ditemukan oleh Thariq Modanggu pada sejumlah instansi swasta dan lembaga pendidikan.

“Layangkan surat teguran agar ke depan lebih menjaga kebersihan lingkungan kantor maupun usaha masing-masing,” tegas Thariq Modanggu.

BACA  Segera Hadir di Gorontalo, Hotel Aston Bakal Suguhkan Menu Lokal

Pada kesempatan yang sama, Thariq Modanggu menyampaikan terimakasih khususnya bagi aparat TNI dan Kepolisian yang turun langsung dalam kegiatan dalam rangka hari sampah nasional. Dirinya berharap agar seluruh lapisan masyarakat untuk turut peduli terhadap pérsoalan sampah dan lingkungan.

Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu terlibat langsung dalam membersihkan sampah di lingkungan instansi swasta. (Foto Istimewa)
Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu terlibat langsung dalam membersihkan sampah di lingkungan instansi swasta. (Foto Istimewa)

“Produksi sampah perhari di Kwandang sekitar 6 ton, dan itu yang terangkat. Masih banyak juga yang belum terkelolah,” ujarnya.

BACA  Kader Diusung Golkar, Demokrat Pilih Merapat ke Nasdem

Di sisi lain, kata tokoh di balik pembentukan Kabupaten Gorontalo Utara tersebut, jumlah petugas kebersihan tidak banyak sehingga belum mampu mengcover seluruh daerah.

“Sehingga peran masyarakat dan juga elemen lainnya termasuk pemerintah desa diharapkan maksimal dalam hal menjaga lingkungan dan kebersihan,” tegasnya.

BACA  2,5 Tahun Berpisah, Nelson-Fadli Bersua di Masjid Baiturrahman Limboto

Untuk itu, Thariq Modanggu berharap agar dalam menjaga kebersihan, tidak hanya diserahkan kepada para petugas.

“Kita juga selaku masyarakat diharapkan turut menjaga kebersihan dengan mengumpul sampah di kantong dan tempatkan di depan rumah terutama untuk sampah plastik, biar nanti petugas yang akan menjemputnya,” kuncinya. (abk/hg)


Komentar