Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lokasi Tumbilotohe ini, Jadi Spot Selfie Kekinian

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 23 Juni 2017 | 11:16 Tag: , ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Harapan warga menyaksikan gemerlapnya malam pasang lampu (tumbilotohe) di penghujung terobati.

Tadi malam (22/6), para warga tumpah ruah memadati pusat-pusat pelaksanaan tumbilotohe.

Mereka berburu lokasi terbaik untuk diabadikan melalui swafoto (selfie). Alhlasil, kemacetan panjang tak bisa dihindari.

Pantauan Gorontalo Post, titik perayaan tumbilotohe merata di sejumlah daerah di Kota Gorontalo maupun Kabupaten Bone Bolango.

Untuk wilayah Kota Gorontalo sendiri, lokasi perayaan di antaranya halaman Rektorat UNG, Halaman SMA N 3 Gorontalo, Kecamatan Sipatana, Kecamatan Dungingi, Lapangan Buladu, Kota Barat, Kompleks Perumahan Kaputih Indah, Jalan Aloei Saboe, Kota Timur, Kelurahan Siendeng, dan Sejumlah lokasi di Kelurahan Padebuolo dan Ipilo, Kota Gorontalo.

Sementara untuk wilayah Kabupaten Bone Bolango sendiri, pusat perayaan malam Tumbilotohe ada di Lapangan Ikada, Ippot Tapa, Kompleks kanal Bone Bolango dan Kawasan Danau Perintis Kabupaten Bone Bolango.

Suasana perayaan malam tumbilotohepun terlihat semarak. Warga Gorontalo nampak memadati lokasi perayaan tumbilotohe.

Hal ini seperti yang terlihat di Halaman Kampus Universitas Negeri Gorontalo. Dari orang tua sampai anak muda datang langsung untuk menyaksikan perayaan tumbilotohe yang dimotori oleh salah satu organisasi mahasiswa UNG itu.

Beragam kegiatanpun nampak dilakukan oleh para pengunjung. Ada yang berfoto-foto dan adapula yang sekedar bercengkrama dengan teman maupun kerabatnya.

Sementara itu, perayaan tumbilotohe di Danau Perintis, kabupaten Bone Bolango juga berlangsung meriah. Danau buatan yang terletak di Desa Huludu Otamo, Kabupaten Bone Bolango itu, tampak indah dengan ratusan lampu botol yang diletakkan di atas air.

Tak hanya itu, di bagian tengah danau juga dibuat miniatur kapal laut yang terbuat dari bambu dan diterangi ratusan lampu botol.

Pengunjungpun disediakan sebuah rakit yang dilengkapi dengan mesin tempel untuk mengantarkan pengunjung yang hendak berputar-putar mengelilingi danau yang dihiasi ratusan lampu botol itu.

Tak heran, Lokasi ini menjadi salah satu lokasi favorit warga yang hendak menyaksikan keindahan malam tumbilotohe.

Rizal Lasantu, Salah seorang pengunjung mengungkapkan, ia dan rekan-rekannya sengaja datang ke Danau Perintis untuk menyaksikan langsung keindahan malam tumbilotohe. “Tumbilotohe adalah sebuah tradisi kebanggaan kami orang Gorontalo, Dan kedepannya tradisi ini harus terus dipertahankan,” ujarnya.

Sebelumnya, banyaknya warga yang datang dan hendak menyaksikan langsung perayaan tumbilotohe membuat kemacetan terjadi di hampir seluruh titik pusat perayaan tumbilotohe.

Ratusan personel Kepolisian yang diterjunkan untuk melakukan pengamananpun dibuat kewalahan. Namun, Kemacetan perlahan akhirnya bisa dikendalikan.(tr-45/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar